spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Percepat Herd Immunity, Pemkot Bandung dan Yayasan Wings Berkolaborasi Siapkan Fasilitas Vaksinasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemkot Bandung berkolaborasi dengan Yayasan Wings Peduli untuk mempercepat sekaligus memperluas ‘herd immunity’ atau kekebalan kelompok dengan menghadirkan fasilitas vaksinasi. 

    Fasilitas vaksinasi tersebut yaitu di Taman Dewi Sartika dengan konsep ‘walk-in’ dan di Taman Tegalega yakni ‘drive thru’. Di masing-masing tempat bisa memvaksin 200 dosis per hari. 

    “Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi yang dilakukan oleh Yayasan Wings Peduli, mudah-mudahan sentra vaksinasi yang ditempatkan ini mempercepat proses vaksinasi bagi warga  dalam membentuk ‘herd immunity’,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Sabtu (24/7/2021).

    Yana mengatakan, fasilitas vaksinasi di kawasan itu bisa dilakukan untuk warga yang ber-KTP Kota Bandung. 

    BACA JUGA: Bansos PPKM Darurat di Kota Bandung Sudah Tersalurkan Rp20,9 M

    Dengan adanya dua fasilitas tersebut, pihaknya, optimistis segera tercipta kekebalan kelompok di wilayahnya.

    Saat ini, Pemkot mendapat target memvaksin 1,9 juta orang dari 2,5 juta penduduk. Untuk dosis pertama itu sudah 700.000 orang. Sedangkan dosisi kedua sudah mencapai 400.000 orang.

    Sedangkan vaksinasi bagi lansia sudah berjalan 50 persen. Vaksinasi untuk usia 12-17 tahun masih rendah, dikarenakan vaksin masih terbatas. 

    “Vaksin bagi lansia sudah 50 persen. Sedangkan untuk usia 12-17 tahun, angkanya masih rendah karena masih terbatas. Dengan upaya kolaborasi berbagai pihak, mempercepat proses penyelesaian vaksin untuk percepat herd immunity,”ucapnya.

    Yana mengungkapkan, meskipun Bad Occupancy Rate (BOR) kali ini sudah di angka 78 persen, warga harus tetap waspada di masa pandemi Covid-19 ini. 

    “BOR sudah 78 persen, mudah-mudahan dengan indikator ini menunjukan penurunan Covid-19. Tetapi kita harus selalu waspada,” kata dia. 

    Sementara itu, Perwakilan Yayasan Wings Peduli, Emil menyampaikan, Yayasan Wings Peduli merupakan bukti nyata kepedulian Wings Grup Indonesia di masa pandemi saat ini. Salah satu bentuk kepedulian tersebut yaitu mendirikan dua fasilitas vaksinasi di Kota Bandung. 

    “Sentra vaksin di Taman Dewi Sartika dengan konsep walk-in dan Taman Tegalega Drive thru. Semongga mampu menjangkau dan melayani warga dengan aman, nyaman dan tepat sasaran,” kata Emil.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img