spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ini Penjelasan Dinkes Kota Bandung Terkait Harga Tes PCR Yang Berbeda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, swab test PCR Covid-19 bisa dilakukan dengan mudah di beberapa fasilitas kesehatan (faskes) yang menyediakan layanan tersebut. Tes PCR masih dianggap paling terbaik untuk mendiagnosa Covid-19.

    Namun harga Swab test PCR dibeberapa faskes berbeda-beda. Hal itu dikarnakan harus memperhitungkan operasionalnya.

    “Sebetulnya sudah ada harga Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu ada beberapa produknya, jadi itu sudah sesuai Kemenkes (Kementerian Kesehatan) antara Rp. 900 ribu sampai 1 juta lebih. Alatnya yang sama tapi ada beberapa merek yang direkomendasikan selama yang itu boleh, kan bukan satu merek. Jadi harus diperhitungkan kalau swab ada orang yang harus dibayar,” kata Ahyani di Taman Dewi Sartika Jalan Merdeka Kota Bandung Jabar, Jumat (23/7/2021).

    BACA JUGA: Bansos PPKM Darurat di Kota Bandung Sudah Tersalurkan Rp20,9 M

    Selain itu, Ahyani menuturkan harga untuk Rapid test dimulai dari Rp. 100 ribu lebih sampai Rp. 200 lebih. Terjadi perbedaan harga antara faskes pemerintah dan swasta.

    “Harga tes itu kan ada jasa, jasa itu yang beda-beda. Kalau yang di kita (faskes pemerintah) tidak dibayar dokternya. Kalau yang swasta pasti memperhitungkan bayar ini bayar itu operasional,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img