spot_img
Sabtu 31 Juli 2021
spot_img
spot_img

Ini 5 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rezeki memang sudah diatur Allah SWT, namun bukan berarti kita hanya diam dan tidak melakukan apa-apa. Banyak cara agar dibukakan pintu rezeki termasuk dengan mengerjakan amalan-amalan yang diajarkan Nabi SAW meski tetap harus dibarengi ikhtiar.

Banyak orang yang ingin dimudahkan dalam urusan rezeki. Namun ada sedikit juga manusia yang tidak menyadari jika ada beberapa hal yang harus dilakukan selain mencari rezeki tersebut.

Ada amalan yang sering dilakukan dan diajarkan Rasulullah SAW agar dimudahkan dan dibukakan pintu rezeki dari berbagai sudut.

BACA JUGA: MTQ XII Tingkatkan Pengamalan Isi dan Kandungan Al-Quran

Berikut ini lima amalan yang mampu membuka pintu rezeki: 

  1. Membaca Surat Al Waqiah

FOKUSJabar.id Amalan
Ilustrasi (Web)

Imam Jafar berkata, “Barang siapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan, maka Allah akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu”. (Diambil dari kitab Khazinatul Asrar Kubra hal. 360)

2. Salat Dhuha

FOKUSJabar.id Amalan
Ilustrasi (Web)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Salat dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran, Dan tidak ada yang akan memelihara Shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat”. (Kitab HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, Hadis Hasan).

  1. Perbanyak Istighfar

FOKUSJabar.id Amalan
Ilustrasi (Web)

مَن أَكْثَرَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً، وَمِنْ كُلِّ ضَيْقٍ مَخْرَجاً، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah mengubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah Azza wa Jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allah anugerahkan rizki (rezeki) dari jalur yang tiada disangka-sangka”. (HR. Ahmad dan al-Hakim)

  1. Bersilaturahim

FOKUSJabar.id Amalan
Ilustrasi (Web)

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturahmi”.(HR. Bukhari)

Yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh kita mengamalkan anjuran dari Rasulullah ini tanpa diberengi dengan Ikhtiar. Agar permohonan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, marilah kita seimbangkan antara Ikhtiar dan doa.

  1. Bersedekah

FOKUSJabar.id Amalan
Ilustrasi (Web)

Semua orang pasti tahu sering bersedekah akan mendapatkan pahala yang banyak dan juga rezeki yang melimpah. Ustad Kiki mengatakan, “Perbanyak amal biar nanti dibales sama Allah rezekinya”.

Al Quran membuat perumpamaan bagi sedekah sebagai “sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir”. Hal ini karena begitu banyaknya pahala yang diterima oleh orang yang bersedekah.

Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 261: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

(Nendy/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img