spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Argentina Juara Copa America 2021, Lionel Messi Top Skor

    BRASIL,FOKUSJabar.id:  Timnas Argentina akhirnya menjuarai Copa America 2021 setelah menang tipis 1-0 kontra Timnas Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

    Gol tunggal kemenangan Timnas Argentina (La Albiceleste) dicetak Angel Di Maria pada menit 22.

    Keberhasilan La Albiceleste merupakan pencapaian istimewa bagi sang kapten, Lionel Messi. Bagaimana tidak, Copa America 2021 merupakan trofi pertama sang mega bintang bersama Timnas senior Argentina, semenjak promosi pada 2005.

    Lionel Messi empat kali membawa timnya lolos ke final turnamen mayor (Piala Dunia dan Copa America). Sayangnya, pada empat final tersebut selalu kandas.

    copa america 2021 fokusjabar.id
    Lionel Messi (foto web)

    BACA JUGA: Final Copa America 2021: Brasil versus Argentina, Lionel Messi Top Skor?

    Final pertama di partai puncak Copa America 2007. Saat itu, tim berjuluk La Albiceleste kalah 0-3 dari Brasil dalam laga yang digelar di Venezuela.

    Kemudian pada 2014, Lionel Messi dan kawan-kawan ditumbangkan Jerman di partai puncak Piala Dunia 2014. Saat itu, gol tunggal Jerman dilesakkan Mario Gotze di masa perpanjangan waktu.

    Lionel Messi juga kalah di final Copa America 2015 dan 2016. Saat itu, La Albiceleste kalah dari Timnas Chili melalui adu penalti.

    Oleh Karena itu, keberhasilan menjuarai Copa America 2021 merupakan prestasi bagi Lionel Messi. Terlebih, sang kapten menjadi top skor dengan 4 golnya.

    argentina fokusjabar.id
    (foto web)

    Raihan Trofi tersebut juga menjadi pelipur lara setelah FC Barcelona hancur lebur di musim 2020-2021.

    Tempo Permainan Argentina versus Brasil

    Tempo permainan sempat rendah di awal laga. Si kulit bundar lebih banyak berkutat di lini tengah. Lini pertahanan kedua kesebelasan sama-sama mampu tampil apik dan pergerakan Lionel Messi dan Neymar selalu gagal karena mendapat pengawalan ketat.

    Tempo permainan berubah pada menit ke-22 setelah Angel Di Maria mencetak gol dan membawa Argentina unggul setelah memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Brasil.

    Berawal dari blunder Renan Lodi di sisi kiri pertahanan Brasil yang tidak mampu mengantisipasi umpan lambung Rodrigo De Paul, Di Maria dengan tenang melambungkan bola melewati kiper Ederson.

    Skor 1-0 untuk Argentina bertahan hingga akhir babak pertama.

    Di babak kedua serangan Brasil lebih dominan. Brasil sukses membobol gawang Argentina pada menit ke-52 melalui Richarlison. Namun, gol penyerang Everton itu dianulir wasit karena dalam posisi offside saat menerima umpan Lucas Paqueta sebelum mencetak gol.

    Tiga menit berselang, Richarlison kembali memiliki peluang emas untuk mencetak gol. Umpan cantik Neymar membuat Richarlison berada di posisi bebas di dalam kotak penalti Argentina, tapi tendangan kerasnya berhasil diblok kiper Emiliano Martinez.

    argentina fokusjabar.id
    (foto web)

    Laga kemudian menjurus kasar memasuki pertengahan babak kedua. Beberapa kali pelanggaran keras dilakukan kedua tim, cekcok dan ketegangan antarpemain pun terjadi.

    Brasil semakin dibuat frustrasi di lima menit akhir laga normal. Terutama setelah tendangan Gabriel Barbosa pada menit ke-87 berhasil diblok Martinez.

    Satu menit kemudian, Messi seharusnya bisa membawa Argentina unggul 2-0 setelah tinggal berhadapan dengan kiper Ederson. Namun, La Pulga tidak tenang dan salah dalam sentuhan akhir.

    Rodrigo De Paul juga hampir menggandakan keunggulan Argentina saat injury time babak kedua. Namun, Ederson melakukan penyelamatan luar biasa.

    Skor 1-0 pun bertahan untuk kemenangan Argentina dan membuat Tim Tango juara Copa America 2021.

    Susunan pemain:

    Argentina: Emiliano Martinez, Gonzalo Montiel, Cristian Romero (German Pezzella, 79′), Nicolas Otamendi, Marcos Acuna, Angel Di Maria (Exequiel Palacios, 79′), Rodrigo De Paul, Leandro Paredes (Guido Rodriguez, 54′), Giovani Lo Celso (Nicolas Tagliafico, 63′), Lionel Messi, Lautaro Martinez (Nicolas Gonzalez, 79′).

    Brasil:

    Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi (Emerson, 76′); Casemiro, Fred (Roberto Firmino, 46′), Everton Ribeiro (Vinicius Junior, 63′), Lucas Paqueta (Gabriel Barbosa, 76′), Neymar, Richarlison.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, selain menghadirkan final ideal, laga final Copa America 2021 juga bakal menentukan siapa raja gol di ajang tersebut.

    Untuk sementara, bomber Argentina, Lionel Messi memimpin top skor dengan jumlah 4 gol. Lalu di urutan kedua diduduki tandem Messi yakni Lautaro Martinez yang terpaut 1 gol. Sementara penyerang Brasil, Meymar berada di posisi ketiga dengan jumlah 2 gol.

    Final Copa America 2021 mempertemukan raksasa Sepakbola Argentina dengan Brasil, Minggu (11/7/2021) di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil.

    Tim berjuluk Selecao lebih dulu melenggang ke babak final Copa America 2021 menumbangkan Peru dengan skor tipis 1-0, Selasa (6/7/2021).

    Gol tunggal Brasil dicetak Lucas Paqueta di menit 35 yang memanfaatkan umpan manis Neymar. Tendangannya berhasil merobek gawang Peru yang dikawal Pedro Gallese.

    Sementara Timnas Argentina lolos ke babak final Copa America 2021 setelah menghempaskan rivalnya (Kolombia) lewat adu penalti (3-2).

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img