spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Euro 2020, Timnas Italia Menang 2-1 versus Austria

    LONDON,FOKUSJabar.id: Pertandingan kedua babak 16 besar Euro 2020 mempertemukan Timnas Italia dengan Austria.

    Pada laga yang digelar di Satdion Wembley, London, Minggu (27/6/2021) dini hari WIB, Timnas Italia menang tipis 2-1.

    Atas kemenagan versus Austria, Italia menjadi tim  kedua yang berhasil masuk babak perempat final setelah Timnas Denmark yang menang telak versus Wales 4-0.

    Mengutip kompas.com, dua gol kemenangan Timnas Italia dicetak Fedrico Chiesa (94′) dan Matteo Pessina (105′). Sementara, satu gol balasan Austria dicetak oleh Sasa Kalajdzic pada menit ke-114.

    BACA JUGA: Timnas Denmark Melenggang ke Babak Perempat Final Euro 2020

    Selanjutnya di babak perempat final, pasukan Roberto Mancini akan bertemu dengan pemenang Belgia kontra Portugal yang dijadwalkan bergulir, Senin (28/6/2021) dini hari WIB.

    10 menit pada babak pertama, permainan Timnas Italia tidak berkembang karena digempur habis-habisan oleh skuad Austria. Namun memasuki menit ke-11, La Nazionale memperoleh peluang pertama melalui sepakan kaki kiri Leonardo Spinazzola dari kotak penalty. Sayang tendangannya masih melebar.

    Timnas Italia kembali mendapat kesempatan mencetak gol tiga menit berselang melalui Lorenzo Insigne.

    Insigne berdiri bebas di kotak 16 Austria dan melepaskan sepakan kaki kanan akurat. Sayangnya, bola sepakan winger Napoli itu masih bisa ditangkap Daniel Bachmann.

    Italia mulai mendapat ritme. Mereka menguasai bola dan semakin rajin menekan lawan. Pada menit ke-17, umpan tarik Spinazzola disambut tendangan efek Nicolo Barella dari luar kotak penalti. On target, tetapi masih bisa ditepis kiper lawan.

    Sementara itu, Austria yang mengandalkan serangan balik mendapat peluang terbaik pada menit ke-18 lewat Marko Arnautovic.

    Arnautovic melihat kiper Italia Gianluigi Donnarumma maju dari sarangnya. Sejurus kemudian, dia melepas sepakan dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola kiriman Arnautovic malah melambung jauh dari gawang Italia.

    Pada menit ke-32, Timnas Italia hampir saja membuka keunggulan, tetapi akhirnya gagal setelah tendangan kaki kanan jarak jauh Ciro Immobile membentur tiang gawang.

    Timnas Italia terus menekan. Dua tiga menit menjelang turun minum, mereka memperoleh peluang melalui sepakan mendatar Spinazzola. Namun, lagi-lagi peluang itu bisa digagalkan kiper Austria Daniel Bachmann dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

    Memasuki babak kedua, Italia memulainya dengan gugup. Kesalahan Lenoardo Bonucci pada menit ke-48 nyaris saja membawa petaka. Beruntung tendangan Marko Arnautovic tak sempurna melakukan tendangan.

    Beberapa menit berselang, lini pertahanan Italia kembali melakukan kecerobohan, kali ini giliran Giovanni Di Lorenzo. Bek kanan Napoli itu melanggar pemain Austria tepat di depan kotak penalti yang berakibat tendangan bebas untuk lawan.

    Untungnya, tendangan bebas yang dilancarkan David Alaba pada menit ke-52 melambung di atas gawang Donnarumma.

    Setelah mendapat tekanan terus menerus, Timnas Italia akhirnya kebobolan juga. Pada menit ke-65, gawang Donnarumma dijebol Marko Arnautovic. Arnautovic menanduk bola ke gawang Italia setelah mendapat umpan sundulan David Alaba.

    Namun, gol Arnautovic dianulir wasit Anthony Taylor setelah meninjau VAR (Video Assistant Referee). Dalam tayangan ulang, Arnautovic terlihat jelas berdiri dalam posisi offside kala menerima umpan dari Alaba.

    Pada menit ke-73, Italia mendapat peluang lewat Lorenzo Insigne yang berhasil lolos dari jebakan offside. Insigne melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum melepas sepakan kaki kanan melengkung. Sayangnya, bola masih melebar.

    Kedua kesebelasan akhirnya tak mampu mencetak skor hingga 90 menit. Laga Italia vs Austria pun berlanjut ke extra time. Pada masa babak tambahan waktu, Italia mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

    Mereka memecah kebuntuan pada menit ke-94 lewat Federico Chiesa. Setelah mendapat umpan lambung dari Spinazzola, Chiesa yang berdiri bebas di kotak penalti lawan melakukan sedikit kontrol sebelum menyepak bola ke gawang Austria dengan kaki kirinya.

    timnas italia fokusjabar.id
    Timnas Italia kontra Austria babak 16 besar Euro 2020 (foto web)

    Gol Chiesa membuat Timnas Italia bisa melepas ketegangan. Mereka pun bisa menggandakan keungulan pada menit ke-105 lewat sepakan kaki kiri jarak dekat Matteo Pessina.

    Pessina menyepak bola ke gawang Austria setelah memanfaatkan umpan mendatar Francesco Acerbi di kotak penalti lawan.

    Pada babak kedua extra time, Italia harus kebobolan gol Austria yang dicetak Sasa Kalajdzic. Kalajdzic mengonversi umpan sepak pojok Louis Schaub menjadi gol dengan tandukannya.

    Susunan pemain:

    Italia (4-3-3): 21-Gianluigi Donnarumma; 2-Giovanni Di Lorenzo, 19-Leonardo Bonucci, 15-Francesco Acerbi, 4-Leonardo Spinazzola; 18-Nicolo Barella (12-Matteo Pessina 67′), 8-Jorginho, 6-Marco Verratti (5-Manuel Locatelli 67′); 11-Domenico Berardi (14-Federico Chiesa 84′), 17-Ciro Immobile (9-Andrea Belotti 84′), 10-Lorenzo Insigne (16-Bryan Cristante 108′)

    Pelatih: Roberto Mancini.

    Austria (4-2-3-1): 13-Daniel Bachmann; 21-Stefan Lainer (16-Christopher Trimmel 114′), 3-Aleksandar Dragovic, 4-Martin Hinteregger, 8-David Alaba; 23-Xaver Schagler (11-Michael Gregoritsch 105′), 10-Florian Grillitsch (17-Louis Schaub 105′), 24-Konrad Laimer (6-Stefan Ilsanker 114′), 9-Marcel Sabitzer, 19-Christoph Baumgartner (18-Alessandro Schopf 90′), 7-Marko Arnautovic (25-Sasa Kalajdzic 97′)

    Pelatih: Franco Foda.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, Timnas Denmark menang telak atas Wales 4-0 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Sabtu (26/6/2021) malam WIB.

    Atas kemenangan tersebut, Denmark melenggang ke babak perempat final Euro 2020.

    timnas denmark fokusjabar.id
    Denmark versus Wales 4-0 (foto web)

    Mengutif bola.com, keempat gol Timnas Denmark dicetak oleh Kasper Dolberg pada menit ke-27 dan 48′, Joakim Maehle pada menit ke-88 dan Martin Braithwaite pada masa injury time.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img