spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Jabar Soroti Persoalan PPDB Yang Didominasi Peminat SMK

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat menyoroti permasalahan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2021 di Purwakarta  karena didominasi oleh calon siswa SMK.

    Menurut Ru’yat, PPDB dengan dominasi peminat calon siswa SMK merupakan permasalahan yang konkrit terlebih calon siswa tersebut memilih jurusan Tekni Komputer Jaringan (TKJ). Kemudian hingga saat ini banyak SMK swasta yang mendirikan jurusan TJK.

    “Yang jadi masalah adalah penyumbang pengangguran terbanyak merupan siswa lulusan SMK Jurusan TKJ salah satunya seperti di Purwakarta, maka harus menjadi perhatian khusus jangan sampai pengangguran di Jabar terus bertambah,” kata dia saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, Jumat (25/6/2021).

    BACA JUGA: Swab Antigen Berkala, Sekretariat DPRD Jabar Aman COVID-19

    Ru’yat menambahkan, menyikapi fenomena tersebut, ini harus menjadi perhatian penuh dalam penerimaan siswa baru saat ini.

    “Harus diawasi terkait perizinan untuk SMK swasta yang memiliki program tersebut jangan dikasih ruang lagi, untuk meminimalisir penumpukan siswa yang menjadi tidak efektif,” kata dia.

    Kedepan, Ru’yat menginginkan KCD Kabupaten Purwakarta harus memiliki peranan penting dalam menumpas problem terkait peminat SMK dengan program keahlian TKJ, terutama terkait sosialiasi program jurusan yang mempunyai prospek baik seperti jurusan arsitektur dan lainnya.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img