spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    Bos Antivirus John McAfee Tewas Bunuh Diri di Penjara

    BANDUNG,FOKUSjabar.id: Pengusaha teknologi John McAfee dikabarkan meninggal dunia setelah melakukan bunuh diri di penjara Barcelona, Spanyol, Rabu (23/6/2021) waktu setempat.

    Pengacara John, Javier Villalba, menyatakan kliennya bunuh diri setelah pengadilan tinggi Spanyol mengizinkan ekstradisinya ke Amerika Serikat (AS) atas tuduhan penggelapan pajak.

    “Saya berharap pengadilan Spanyol akan melihat ketidakadilan ini,” kata John sebagaimana ditirukan pengacaranya.

    “Amerika Serikat ingin menggunakan saya sebagai contoh,” tambahnya, seperti dilansir CBCN.

    BACA JUGA: Akademi Pendidikan Agama Islam Pertama di Jerman Resmi Dibuka

    Villalba menyebut sebenarnya John masih memiliki peluang dalam proses banding. Tetapi ia tidak tahan lagi berada di penjara.

    “Ini adalah hasil dari sistem kejam yang tidak memiliki alasan untuk menahan orang ini di penjara begitu lama,” kata Villalba.

    McAfee telah hidup selama bertahun-tahun dalam pelarian dari otoritas AS, beberapa waktu di atas mega yacht.

    Ia didakwa di Tennessee atas tuduhan penghindaran pajak dan didakwa dalam kasus penipuan cryptocurrency di New York.

    Pendiri perusahaan yang dikenal dengan produk antivirusnya itu ditahan pada 3 Oktober lalu di bandara Barcelona saat akan pergi ke Istanbul dengan paspor Inggris..

    John McAfee mengaku pada 2019 lalu bahwa dia belum membayar pajak penghasilan AS selama delapan tahun karena alasan ideologis. Pada tahun yang sama, ia pergi meninggalkan AS bersama istrinya, empat anjing besar, dua penjaga keamanan, dan tujuh staf. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa penghindaran pajaknya ini karena ia merasa pemerintahan Washington sungguh sangat korup.

    “Semua kekuasaan korup. Jaga kekuatan mana yang Anda izinkan untuk digunakan oleh demokrasi,” tulis John McAfee dalam cuitan Twitter terakhirnya 18 Juni lalu.

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img