spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Iran Geram dengan Pengakuan Operasi Intelijen Israel

    IRAN,FOKUSJabar.id: Iran mengecam agresi Israel yang dibocorkan oleh mantan bos badan intelijen Tel Aviv, Mossad, Yossi Cohen.

    Cohen yang baru saja lengser membeberkan operasi rahasia Mossad selama ini terhadap Iran, dalam wawancara program investigasi Channel 12 yang rilis pekan lalu.

    Juru bicara misi diplomatik Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Shahrokh Nazemi, mengatakan bahwa pengakuan Cohen mencerminkan pola sabotase “kriminal” yang sudah berjalan lama terhadap Teheran.

    “Pelanggaran hukum ini telah mencapai titik ketika mantan pejabat rezim ini tanpa malu-malu dan terang-terangan mengancam para ilmuwan nuklir kami dengan kematian,” kata Nazemi.

    BACA JUGA: WNA Iran kabur dan bakar Ruang Detensi Imigrasi Parepare

    “Kegiatan ini tidak boleh ditoleransi,” kata dia, seperti dilansir CNN.

    Selama ini, Iran kerap mengeluh soal sabotase Israel terhadap program nuklirnya. Teheran juga kerap menuding Israel dalang di balik segala upaya sabotase teknologi senjata mereka.

    Salah satu operasi rahasia Mossad yang diungkap Cohen dalam wawancara itu adalah pembunuhan ilmuwan nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, dan sabotase situs nuklir Natanz.

    Cohen menggambarkan upaya Israel mencegah para ilmuwan Iran berkontribusi pada program nuklir negara itu. Ia menyebut beberapa ilmuwan utama telah meninggalkan pekerjaan mereka usai mendapat peringatan, bahkan ultimatum secara tidak langsung, oleh Israel.

    “Jika para ilmuwan itu ingin mengubah karir mereka dan tidak ingin melukai kita lagi, maka, ya, beberapa kali kita menawarkan mereka jalan keluar,” kata Cohen dalam wawancara tersebut.

    Dalam kesempatan itu, Cohen juga membeberkan beberapa operasi Mossad lainnya terhadap Iran, termasuk pencurian arsip dokumen terkait program nuklir Teheran pada 2018.

    (Agung)

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img