spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    16 Warga Positif Covid-19, Dua Kampung di Kabupaten Tasikmalaya Diisolasi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: 16 warga yang berada di Kampung Kertasari (10  orang) dan Bojong Petir (6 orang), Desa/Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar) melakukan isolasi mandiri.

    Dari 16 orang tersebut, satu di antaranya dirawat di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya karena kondisi kesehatannya memburuk.

    Mereka dinyatakan positif Corona Virus Disease (Covid-19) setelah dilakukan tracking (kontak erat) menyusul adanya satu keluarga terpapar virus Corona. 

    “Setelah menerima ada satu keluarga terpapar Covid-19, kami langsung berkoordinasi dengan tim gugus UPT Puskesmas Sariwangi. Dan setelah dilakukan tracking (kontak erat), petugas kesehatan menemukan 16 warga positif virus Corona,” kata Kepala Desa Sariwangi, Rahmat Sahal Zarkasih, Selasa (15/6/2021).

    BACA JUGA: Berikut Ini Deretan Jalan Angker di Jawa Barat, Salah Satunya Ada di Ciamis

    Menurutnya, berdasarkan informasi awal, penyebaran Covid-19 di kedua kampung tersebut hingga satu keluarga terpapar, bermula dari adanya salah satu Tenaga Kesehatan (Nakes) yang sering berdampingan dengan masyarakat, terpapar virus Corona.

    Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, pihaknya menggandeng Puskesmas Sariwangi dan Forkopimcam untuk melakukan swab massal.

    “Sedikitnya ada 67 Kepala Keluarga (KK) atau 130 jiwa lebih mengikuti swab massal hari ini. Kami masih menunggu hasilnya,” kata Dia.

    Dia menambahkan, ketika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di masyarakat, otomatis pemerintah desa harus memikirkan biaya kebutuhan sehari-hari mereka. 

    “Kami di desa sudah melaksanakan musyawarah, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri akan selalu kami bantu. Saat ini ada 15 orang diisolasi mandiri di rumah. Satu orang di RSUD SMC karena mempunyai penyakit penyerta jantung dan paru-paru,” tutur dia.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img