spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    SMK BLUD Ringankan APBD

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: SMK BLUD di Jawa Timur memiliki sistem lebih baik dan profesional setelah difasilitasi Pergub. Hal itu tentu memberikan semangat baru bagi para civitas di dalamnya. 

    Demikan disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya saat mengunjungi SMKN 1 Buduran, Sidoarjo, jawa Timur, Rabu (9/6/2021). 

    “Sejak tahun 2018, di Provinsi Jawa Timur sekolah-sekolah SMK Negeri yang telah memiliki sistem bagus difasilitasi oleh Pergub menjadi sekolah BLUD. Ada perbedaan, yakni pengelolaan keuanganya lebih profesional, sehingga mempunyai semanga tinggi bagi civitas di dalamnya,” kata Abdul Hadi. 

    BACA JUGA: SMK BLUD Bisa Jawab Tantangan Industri

    Menurut dia, perubahan SMK menjadi BLUD juga memengaruhi para siswa, sehingga menjadikan mereka memiliki kompetensi di atas rata-rata karena SMK BLUD lebih profesional serta meringankan APBD.

    “Untuk itu, di Jabar harus mencontoh keberadaan SMK BLUD di Jatim. Di sisi lain, SMK BLUD bisa meringankan APBD karena keuangannya mereka kelola sendiri dan bisa dialokasikan untuk kepentingan sekolah itu,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img