spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Kadis Pariwisata: di Ciamis Harus Ada Pembagian Pengelolaan Tempat Wisata

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar), Wasdi Ijudin mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan harus ada pembagian tugas dalam pengelolaanya.

    Pembagian tugas tersebut agar profesional dan tidak tumpang tindih.

    “Kalau tempat wisata itu milik Desa, maka pengelolaanya harus oleh Pemerintah Desa,” katanya saat silaturahmi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Ciamis di Bukit Baros Indah Desa Ciomas Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

    BACA JUGA: Pantai Pasir Putih, Pesona Eksotis di Pantai Pangandaran

    Sedangkan tempat wisata yang sudah masuk Kabupaten dikelola oleh pihak Pemkab dan milik swasta (mempunyai payung hukum) dikelola oleh para pemiliknya.

    pariwisata fokusjabar.id
    Suasana Bukit Baros Indah (Foto Husen)

    “Dengan cara pembagian tugas, Saya yakin tempat wisata di Ciamis akan menjadi tujuan wisatawan,” kata Dia. 

    Wasdi mengatakan, walaupun saat ini masih suasana belum normal akibat pandemi Covid-19, namun pariwisata Ciamis tetap dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    “Tentunya para pengelola pariwisata harus tetap mematuhi prokes dengan membatasi jumlah pengunjung. Kesehatan mereka harus kita perhatikan,” pesannya. 

    Kepala Desa Ciomas, Yoyo Wahyono menjelaskan, Bukit Baros Indah yang berada di ketinggian Dusun Baros Desa Ciomas Kecamatan Panjalu salah satu destinasi wisata alam yang layak dikunjungi.

    Menurut Dia, karena keindahan alamnya, lokasi tersebut sudah dijadikan tempat latihan atlet Paralayang.

    “Jalan menuju lokasi Bukit Baros Indah sedang dilakukan pembangunan rabat beton agar para pengunjung nyaman menuju tempat wisata ini,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bambang) 

    Berita Terbaru

    spot_img