spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    DPU Klaim Titik Genangan Banjir di Kota Bandung Relatif Berkurang

    BANDUNG,FOKUSJabar.Id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung cukup berhasil mengatasi permasalahan banjir. Salah satu indikasinya yaitu semakin berkurangnya titik lokasi banjir.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) terdapat 36 titik lokasi banjir.

    “Dari jumlah tersebut, kini relatif sudah tidak terjadi genangan, kata Didi, Jumat (4/6/2021).

    Meski begitu, Didi mengaku, sampai saat ini masih ada sejumlah titik yang sering terjadi genangan di sejumlah titik. Di antaranya kawasan Kopo, Citarip, Leuwi Panjang dan Cibaduyut.

    BACA JUGA: Antisipasi Banjir Cileuncang, Ini Solusi dari DPU Kota Bandung

    “Titik masih sering itu di Kopo, Citarip, Leuwi Panjang dan Cibaduyut. Ini kalau bisa diselesaikan di hulu,” kata dia.

    Menurutnya, air akan terkendali jika menilik parkir air. Bahkan jika banjir tiba pun bisa menggunakan pompa air, namun harus sesuai penempatan. Contoh di kawasan Gedebage.

    “Itu harus ada ruang untuk parkir air atau penempatan pompa. Contohnya Gedebage masih banjir, tapi genangan tidak lama atau sampai antre panjang. Pemulihannya sudah ada kolam retensi,” katanya.

    Didi menambahkan, salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) dalam mencegah banjir, adalah dengan membuat drum pori dan sumur imbuhan agar Kota Bandung memiliki resapan air cukup banyak.

    “Drum pori mulai tahun 2019, ada 3.500 drum pori lebih. Sumur imbuhan dalam dibangun sejak tahun 2020. Telah ada 10 sumur imbuhan. Tahun ini tambah 20 sumur lagi,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img