spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Jangan Sepelekan, Berikut 4 Bahaya Anemia Apabila Tak Segera Mendapat Penanganan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit anemia adalah salah satu kondisi dimana tubuh memiliki kadar hemoglobin yang cenderung lebih rendah dari manusia normal pada umumnya.

    Di Indonesia sendiri, anemia menjadi salah satu penyakit yang masih banyak diderita oleh sebagian orang. Namun, ada juga yang menganggapnya sebagai kondisi yang sepele.

    Berikut intip bahaya apabila tak diobati.

    Apa Saja Bahaya Kekurangan Kadar Hemoglobin Dalam Tubuh?

    1. Memiliki Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

    Salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada penderita adalah pengidapnya kerap kali menyepelekan bahkan abai pada kondisi kesehatan tersebut. Nyatanya, jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa masalah yang membahayakan. Salah satunya sistem kekebalan tubuh pun menjadi lebih lemah.

    BACA JUGA: 5 Bahan Alami untuk Atasi Batuk Berdahak

    Hal ini diungkapkan pada halaman Kompas.com yang melansir Cleveland Clinic, dimana kondisi anemia mampu meningkatkan resiko penderitanya terserang infeksi. Hal ini dikarenakan zat besi memiliki peranan yang penting di dalam sistem imunitas pada tubuh seseorang.

    Kondisi ini pun membuat sel darah putih akan mengalami penurunan kemampuan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit. Bahaya anemia ini juga akan membuat tubuh sulit untuk menyembuhkan luka, lantaran apabila kadar hemoglobin rendah, luka pun akan menjadi lebih lama untuk sembuh.

    2. Mengalami Masalah Pada Jantung

    Jangan Sepelekan, Berikut 4 Bahaya Anemia Apabila Tak Segera Mendapat Penanganan

    Penyakit anemia ternyata juga menimbulkan masalah yang serius pada jantung. Hal ini dikarenakan akan membuat detak jantung menjadi tidak beraturan atau terlalu cepat yang dikenal dengan istilah aritmia. Ketika anda mengalami anemia, maka jantung pun akan memompa lebih banyak darah.

    Sebab, kondisi ini sebagai pengganti kurangnya pasokan oksigen yang ada di dalam darah. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka akan menimbulkan dampak yang negatif atau buruk pada tubuh seseorang. Diantaranya bisa menyebabkan gagal jantung atau pembesaran pada jantung.

    3. Komplikasi Pada Kehamilan

    Bahaya anemia juga mengintai anda yang sedang hamil. Ada beberapa dampak yang dialami oleh ibu hamil pengidap anemia. Diantaranya adalah pertumbuhan pada janin menjadi terhambat, bayi akan memiliki berat lahir yang rendah, hingga bayi lahir sebelum waktunya atau yang sering kali disebut dengan bayi prematur.

    Tak hanya itu saja, resiko lain yang mungkin dirasakan oleh ibu hamil antara lain mengalami pendarahan ketika melahirkan, anemia dapat diturunkan pada bayi yang dilahirkan dan juga bayi pun dapat mengalami cacat bawaan ketika lahir. Oleh karena itu, dalam masa kehamilan penting untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi.

    4. Mudah Terasa Lelah yang Berlebihan

    Salah satu efek atau bahaya anemia yang sering kali dialami oleh penderitanya adalah mengalami rasa lelah yang berlebihan atau parah. Kondisi satu ini akan membuat anda menjadi lebih mudah lelah. Bahkan buruknya, anda pun tidak bisa melakukan aktivitas harian seperti biasanya.

    Hal ini tentu saja menjadi salah satu bahaya atau dampak yang sangat serius. Seperti yang anda tahu, manusia tentunya akan memiliki segudang aktivitas setiap harinya. Namun, bagi penderita anemia yang tidak diobati, kondisi tersebut akan semakin parah dan bisa menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

    Jika anda mendapati mudah lelah, sering pusing dan juga mengalami gejala gejala anemia yang lain, maka sebaiknya anda segera untuk memeriksakannya ke dokter. Hal ini dikarenakan semakin cepat mendapatkan penanganan, maka semakin cepat pula kondisi anda bisa membaik. Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan penyakit satu ini.

    (Antik Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img