spot_img
Rabu 5 Mei 2021
spot_img
spot_img

Siap Ambil Alih Arsenal, Ini Yang Dilakukan Bos Sportify

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Performa inkonsisten yang ditampilkan Arsenal di Liga Premier Inggris membuat pendiri Sportify, Daniel Ek gereget. Milyader berkebangsaan Swedia ini pun tak sabar mengambil alih klub berjuluk The Gunners dari sang pemilik, Stan Kroenke.

Daniel Ek merupakan seorang fans sejati klub asal London Utara ini. Bahkan pria kelahiran 21 Februari 1983 ini mengaku sudah menjadi penggemar Arsenal sejak berusia 8 tahun.

“Arsenal adalah tim saya. Saya menjalani sejarah, para pemain, dan tentu saja saya mencintai para penggemar. Jadi saat saya melihatnya, saya hanya melihat peluang luar biasa untuk menetapkan visi nyata bagi klub, membawanya kembali ke kejayaan,” kata Daniel Ek seperti dilansir bola.com dari CNBC, Minggu (2/5/2021).

Ya, membangun kembali klub dan mengembalikan kejayaan The Gunners menjadi alasan bos Sportify ini mengambil alih klub. Namun, harapan Daniel Ek tidak akan terlalu mudah karena sang pemilik saat ini yakni Stan Kroenke belum membuka pintu.

Bahkan Kroenke merilis pernyataan jika dirinya tidak akan menjual saham klub. Namun Daniel Ek terus berupaya keras, hingga membentuk konsorsium yang melibatkan tiga legenda hidup klub yakni Thierry Henry, Patrick Vieira dan Dennis Bergkamp.

Kroenke sendiri nampaknya meremehkan niat Ek untuk mengambil alih klub. Menurut laporan Daily Mail, Kroenke Sports and Entertainment (KSE) akan bersedia menimbang penawaran di angka 1,7 milyar poundsterling atau sekitar Rp34 trilyun.

fokusjabar.id Arsenal Daniel Ek
Stan Kroenke vs Daniel Ek. (FOTO: WEB)

BACA JUGA: Selain SNMPTN dan SBMPTN, UPI Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur Ini

Namun, Ek justru dengan tegas mengaku jika dia memiliki dana untuk mengambil alih Arsenal. Tak tanggung-tanggung, Ek dikabarkan sudah menyiapkan dana hingga 1,8 milyar poundsterling atau sekitar Rp36 trilyun.

“Saya telah mendapatkan dana untuk itu dan saya ingin memberikan tawaran yang sangat menarik kepada pemilik dan saya berharap mereka mendengarkan,” kata dia.

“Saat mengatakan saya telah menjadi penggemar klub ini selama 30 tahun, saya jelas tidak menyangka ini akan terjadi dalam semalam. Saya siap menempuh perjalanan yang panjang,” Ek menambahkan.

Ek yakin bisa mengambil alih kepemilikan Arsenal karena telah menggandeng legenda klub. Tak hanya itu, ia optimis akan mendapat dukungan dari pada fans setia klub yang tergabung dalam Arsenal Suporter Trust (AST).

“Yang bisa saya lakukan adalah mempersiapkan tawaran yang sangat bijaksana, memberikan kepada mereka dan berharap mereka mendengarkan. Saya hanya fokus pada klub dan penggemar. Saya fokus untuk mencoba membawa klub kembali ke kejayaan. Itu hal terpenting dan saya ingin klub tampil lebih baik. Itulah minat utama saya,” tegas pendiri Sportify.

Legenda Arsenal sekaligus salah satu anggota konsorsium, Thiery Henry mengkonfirmasi jika Daniel Ek telah mengirim surat kepada Stan Kroenke. Seperti dilasir republika.co.id dari laman Sky Sports, Ek yakin Kroenke akan mendengar tawarannya.

“Saya tahu banyak orang ingin mendengar tentang pengambilalihan. Itu benar. Daniel adalah penggemar Arsenal, dia tidak mengatakannya untuk publisitas apa pun. Dia adalah penggemar Arsenal untuk waktu yang sangat lama,” kata Henry, Selasa (4/5/2021).

Henry mengatakan jika Ek akan memberikan segalanya agar misinya bisa tercapai. Pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Arsenal itu pun yakin jika Ek akan terus berupaya mengambil alih klub.

“Mereka sekarang perlu mendengarkan. Banyak orang berteriak jika mereka ingin pemiliknya keluar. Kami mencoba menawarkan solusi yang melibatkan fans dan mendapatkan kembali DNA klub,” kata Henry.

fokusjabar.id Arsenal Daniel Ek
Tiga legenda Arsenal, Dennis Bergkamp, Patrick Vieira, dan Thiery Henry, mendukung Daniel Ek untuk mengambil alih The Gunners. (FOTO: WEB)

Henry mengataka jika Ek sudah berhasil mengambil hati pada pendukung Arsenal. Bahkan, pertemuan antara Daniel Ek dengan AST sudah terjadi dan didampingi dirinya serta Patrick Vieira, dan Dennis Bergkamp.

Pada pertemuan tersebut, lanjut Henry, Ek menjadikan dirinya sebagai solusi atas masalah di Stadion Emirates dan memaparkan keseriusannya mengambil alih klub

“Ketika kami tahu dia ingin melibatkan para penggemar, persis seperti yang kami bicarakan, kami benar-benar bertemu dengan Arsenal Supporter Trust dan memberi tahu mereka apa yang kami lakukan,” kata Henry dilansir Football Italia.

Henry mengatakan, Ek ingin membawa Arsenal kembali di klasemen atas. Menurutnya, suporter ingin mengetahui apa yang terjadi dan kepastian untuk mengembalikan DNA ke dalam klub.

“Dia ingin mengembalikan DNA Arsenal, identitas yang bagi saya sudah lama hilang. Anda tidak memiliki orang Arsenal di antara dewan yang dapat menunjukkan arah yang benar,” kata Henry.

fokusjabar.id Arsenal Daniel Ek
(FOTO: WEB)

Henry pun menyebut jika Ek pantas mengambil alih Arsenal. “Daniel adalah orang yang jujur, transparan. Penggemar ingin tahu apa yang mungkin terjadi di klub mereka. Kami berdiskusi dengan Arsenal Supporter Trust dan dia sangat terbuka dengan mereka dan dia ingin terbuka,” kata Henry.

Pendekatan yang dilakukan Daniel Ek pun disambut baik AST. Dalam pernyataannya, AST melihat komitmen dari Daniel Ek dan konsorsium untuk memajukan Arsenal dengan merangkul para penggemar.

“Kami akan terlibat dengan siapa pun yang memiliki proposal serius, karena penting bagi pemilik saat ini atau di masa yang akan datang tentang pentingnya bekerja dengan penggemar,” tulis pernyataan AST.

AST menyebut akan memastikan adanya dialog dengan pemilik Arsenal, Stan dan Josh Kroenke. AST pun memberi pesan pada calon pemilik Arsenal jika tim perlu memiliki perubahan.

“Perubahan besar yang harus dilakukan adalah agar para penggemar diberi peran yang lebih besar dalam kepemilikan dan tata kelola klub,” tegas pernyataan AST.

fokusjabar.id Arsenal Daniel Ek
(FOTO: WEB)

Saat ini, Arsenal berada di posisi sulit di Liga Premier Inggris dan berada di peringkat 9 dengan 4 laga sisa. Target menembus zona Eropa (minimal Liga Eropa) cukup sulit meski masih memungkinkan jika mampu melakukan sapu bersih di sisa 4 laga dan berharap tim-tim di atasnya terpeleset.

Peluang lain agar Arsenal tetap bisa tampil di Liga Eropa musim depan yakni menjadi juara pada musim ini. Peluang ini masih terbuka jika berhasil mengalahkan wakil Spanyol, Villarreal pada leg kedua usai kalah 1-2 di leg pertama di Estadio de la Caramica, Jumat (30/4/2021) dini hari WIB.

Kemungkinan itu akan dipertaruhkan pasukan Mikel Arteta saat menjamu Villarreal di Stadion Emirates pada leg kedua semifinal Liga Eropa, Jumat (7/5/2021) dinihari WIB. Meriam London cukup mencetak satu gol ke gawang tim Kapal Selam Kuning dengan catatan tidak kebobolan karena punya ‘tabungan’ satu gol tandang untuk lolos ke partai final.

Namun, jika semua skenario gagal, Mikel Arteta akan membuat catatan buruk di lembar sejarah Arsenal. Yakni gagal berlaga di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 25 tahun !

(ageng)

Artikel Lainnya

spot_img