spot_img
Minggu 9 Mei 2021
spot_img
spot_img

KLK Disnaker Ciamis Gelar Pelatihan Kerja, Gratis!

CIAMIS,FOKUSJabar.id: UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) Ciamis mulai menggelar kegiatan pelatihan. Masyarakat Ciamis, terutama generasi muda, dipersilakan untuk mendaftarkan diri.

Kepala UPTD KLK Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis Adang Sobari mengatakan, ada lima item pelatihan yang disiapkan. Mulai pengelolaan hasil pertanian (tata boga), menjahit, komputer, tata rias (kecantikan) dan otomotif.

“Pelatihan sudah berlangsung mulai bulan April ini sampai November 2021 nanti,” kata Adang, Kamis (29/4/2021).

Adang menjelaskan, ada dua kategori pelatihan yang diselenggarakan. Yakni Mobile Training Unit (MTU) dan non-Boarding.

BACA JUGA: Bulan Ramadan PMI Ciamis Kekurangan Pendonor Tetap

Perbedaannya, penyelenggaraan MTU langsung di dua desa yakni Desa Baregbeg Kecamatan Lakbok dan Desa Sindangkasih Kecamatan Sindangkasih.

“Sementara non-Boarding kita gelar pelatihan di kantor UPTD KLK,” kata dia.

Selama pelatihan berlangsung, pihaknya mewajibkan para peserta menerapkan aturan protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan terlebih dahulu hingga menggunakan masker.

” protokol kesehatan selama pelatihan pun dilaksanakan dengan ketat,” ungkapnya.

Adang menambahkan, pihaknya juga melaksanakan kegiatan secara bertahap untuk menghindari kerumunan. Ada dua paket pelatihan dalam satu tahapan kegiatan.

Pelaksanaan pelatihan kerja pun tidak dipungut biaya alias gratis. Meski demikian, lanjut Adang, pihaknya menyiapkan beberapa fasilitas diantaranya dua pasang baju, satu pasang sepatu, satu buah kaos, dan satu kali makan.

“Untuk alat tulis maupun alat protokol kesehatan seperti masker pun sudah kita siapkan. Pelatihan kerja ini kita laksanakan selama 29 hari bagi non-Boarding dan 22 hari bagi MTU,” Adang menegaskan.

Khusus untuk pelatihan menjahit, Adang mengatakan jika saat lulus sudah ada perusahaan yang akan menampung sebanyak 25 orang pekerja.

“Untuk itu, kami berharap masyarakat Ciamis bisa ikut mendaftarkan diri mengikuti pelatihan,” kata Adang.

(Riza M Irfansyah/Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img