spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

GBLA Loop, Upaya ISSI Jabar dan Pegiat Cari Bibit Atlet Balap Sepeda

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pencarian bibit atlet potensial di cabang olahraga balap sepeda terus diupayakan Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jawa Barat beserta para pegiat olahraga balap sepeda. Salah satunya dibuktikan dengan gelaran Latihan Bersama (Latber) GBLA Loop di komplek stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021).

Pada gelaran yang diinisiasi PT Sangkuriang Indonesia Prestasi, bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet potensial balap sepeda Jabar. Terutama untuk kategori criterium.

“Gebrakan pertama even olahraga balap sepeda digelar di velodrom Munaip Saleh, lalu gelaran GBLA Loop. Ini semua untuk mencetak potensi atlet balap sepeda Jabar, khususnya di nomor-nomor track maupun criterium,” kata Ketua Pelaksana GBLA Loop sekaligus Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi Pengprov ISSI Jabar, Nala Widya.

Nala mengatakan, gelaran GBLA Loop ini melombakan sebanyak 12 kategori. Mulai dari kategori Kadet A 11-12 tahun putra putri, Kadet B 13-14 tahun putra putri, Youth 15-16 tahun putra putri, Junior U23, Master A 35-44 tahun, Master Open 45+, TTT Master 4 Rider, Master Open Criterium, serta TTT TNI-Polri 4 Rider.

“Untuk peserta dari kalangan umum sebanyak 182 atlet, plus TNI-Polri menjadi 200 lebih peserta. Tidak hanya berasal dari Jabar, tapi juga dari DKI Jakarta, Jawa Timur, bahkan Kalimantan Timur pun ikut serta,” kata Nala.

Selama ini, lanjut dia, Jabar sudah dikenal sebagai daerah dengan atlet balap sepeda di nomor-nomor tanjakan. Untuk itu, even yang digelar bertujuan mencari potensi atlet balap sepeda Jabar di kategori criterium.

“Kita harus seimbang dalam sisi pembinaan, dimana selama ini pebalap sepada Jabar dikenal sebagai jago tanjakan. Itu terlihat di even GBLA Loop ini, pebalap jabar cukup keteteran dengan pebalap dari provinsi lain,” Nala menambahkan.

Dengan semakin banyak kompetisi di lintasan datar, diharapkan bisa muncul pebalap sepeda potensial di nomor-nomor lintasan datar. “Latber GBLA Loop ini rencananya akan jadi agenda rutin dua kali setahun karena untuk sirkuit criterium dibutuhkan skil yang berbeda dengan lintasan tanjakan. Apalagi sirkuit di GBLA ini sudah cukup memadai,” Nala menjelaskan.

BACA JUGA: 850 Orang Ikuti Vaksinasi Covid-19 Kontingen PON XX dan Peparnas XVI Jabar

fokusjabar.id gbla loop balap sepeda
(FOTO: Ageng)

Ketua Umum Pengprov ISSI jabar, Yudi Nugraha Lasminingrat mengapresiasi pelaksanaan GBLA Loop yang diinisiasi para pegiat olahraga balap sepeda Jabar. ISSI Jabar akan selalu mendukung kegiatan balap sepeda untuk satu tujuan yakni Jabar Juara.

“Saya sangat mengapresiasi dan sangat senang dengan bergeliatnya even-even balap sepeda dan antusiasi dari para atlet serta pegiat olahraga ini, kita akan legalisasi even-even seperti GBLA Loop ini. Ini akan menjadi cikal bakal kemajuan balap sepeda di Jabar karena dari even yang digelar akan kita ketahui potensi atlet balap sepeda Jabar,” kata Yudi.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya akan terus melakukan evaluasi dari setiap kegiatan olahraga balap sepeda yang digelar. Termasuk mengagendakan berbagai program lain dalam mendukung pencapaian target mengembalikan Jabar sebagai sentra pembinaan olahraga balap sepeda di Indonesia.

“Even seperti ini sangat bagus dalam rangka mencari potensi atlet balap sepeda Jabar. Kita pun akan bangkitkan lagi even-even balap sepeda yang dulu pernah melegenda seperti Tour d’Jabar atau Tour d’Priangan,” Yudi menegaskan.

Pada Latber GBLA Loop 2021, Selamat Juangga menjadi yang tercepat pada kategori Criterium Man Open dengan catatan waktu 45:,095 menit mengalahkan Bentar Sari dan Abdul Ghani yang finish diposisi kedua dan ketiga. Sedangkan di kategori Criterium Women Open, Crismonita Dewi menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 27:04,079 menit diikuti Ayustina Delia dan Ratu Afifah Nur Indah di posisi kedua dan ketiga.

fokusjabar.id gbla loop balap sepeda
(FOTO: Istimewa)

Berikut hasil lengkap Latber GBLA Loop
TTT MASTER
1. Team KGB (Hendriyanto Wijaya, Roy Aldrie W, Elihento, Gustaman)
2. Team Amstrong (Doris, Dedi Risdian, Rony Cahya D, Toto Munarto)
3. Team Jeffry (Jeffry, Yongky, Dedi Sujarwo, Acoy)

TTT TNI POLRI
1. Tri Kamp Bandung (Kapt Inf Gumilang, Bripka Yospriansyah, Serda Ridwan)
2. Team GCC (Letda Inf Reza, Serda Yuni, Serka Erwin, Kapten Inf Dimas)
3. Team GCC 2 (Kpt Inf Mulyo, Pelda Ryan, Letda Ing Kayat, Serka Eko)

CRITERIUM U23
1. Terry Yuda Kusuma (KGB)
2. Nur Ihsan (Konti Wijaya Racing)
3. Slamet Widodo (Herba Mojo Racing Team Solo)
4. Afandi Munir (Juicenation)
5. M Herlangga (Yogyakarta)

CRITERIUM WOMEN OPEN
1. Crismonita Dewi (KGB)
2. Ayustina Delia (KGB)
3. Ratu Afifah Nur Indah (Manta Ciamis)
4. Gita Widia Yunika (Manta Ciamis)
5, Dewika Mulya S

CRITERIUM MAN OPEN
1. Selamat Juangga
2. Bentar Sari
3. Abdul Ghani
4. Imam Arifin
5. Terry Yuda Kusuma

CRITERIUM MASTER A (35-44)
1. Alfin Firlandi
2. Faisal Ihsan
3. Fani Gunawan
4. Roni Cahya D
5. Tommy

CRITERIUM MASTER OPEN (45+)
1. Dedi Risdian
2. Oki Raspati
3. Kang Coe
4. Toto Munarto
5. Fhilip

YOUTH PUTRA (15-16)
1. Rizky Ridho R
2. M Dafa Adil Hakim
3. Rifki Muhammad
4. Faris Dhafin
5. Ahmad Rifai

YOUTH PUTRI (15-16)
1. Ghea Agustin
2. Triana Puspa

KADET B PUTRA (13-14)
1. Dendra Aditama
2. Kennard Inocencio B
3. Agil Anggara Ramadhan
4. Rio Prasetio Setia
5 Rangga Juliatin M

KADET B PUTRI (13-14)
1. Carveyna Megan Z.
2. Nira Sakinah

KADET A PUTRA (11-12)
1. Rayhan
2. Farrel Gaezan
3. Rido Pratama Alika
4. Farrel Gaezan

KADET A PUTRI (11-12)
1. Jasmin Aulia
2. Laiva Arthiyatri
3. Yesa Bila Putri A

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img