spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Keramat Keraton Sinarmawar Tempatnya Merubah Nasib

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Keramat Keraton yang berlokasi di Lingkungan Sinarmawar, Kelurahan Cigembor Kecamatan/Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) banyak dikunjungi peziarah yang ngalap berkah.

    Menurut Mak Enoh (77), Kuncen Keramat Keraton, konon lokasi tersebut merupakan tempat tilem (Moksa) Mbah Dalem Sukapura (Mbah Dalem Sawidak).

    “Emak jadi Kuncen di sini karena mendapat ilapat (petunjuk) dari alam ghaib,” katanya.

    Enoh menuturkan, sejak mendapat ilapat, selama puluhan tahun sudah sering mengantar orang untuk mengalap berkah.

    “Macam-macam niat para peziarah yang datang ke sini. Mereka berdoa kepada yang maha kuasa agar hajatnya terkabulkan,” ucapnya.

    Sambung Mak Enoh, para peziarah agar terkabulkan semua hajatnya harus dalam kondisi suci dan memberikan sesaji lengkap.

    “Kalau niat datangnya ke sini tidak baik atau kondisi orang itu kotor, maka ada akibat yang harus diterimanya,” ungkap Mak Enoh. 

    BACA JUGA: Raden Hanif: Galuh Sedang Diuji Kegaluhanya, Keraton Nusantara Pun Simpati

    Enoh menerangkan, Mbah Dalem tidak menyukai kepada orang-orang yang tidak baik (penzina, pemabuk dan penjudi serta pencuri). Untuk itu, Dia berpesan agar orang-orang tersebut jangan pernah datang ke sini. 

    “Bagi mereka orang-orang yang tidak baik prilakunya jangan datang ke sini karena dipastikan mereka tidak akan sampai ke tempat (kesasar),” terangnya.

    Enoh menambahkan, selain tempat tilemnya Mbah Dalem Sukapura (Dalem Sawidak), keramat keraton konon dulunya tempat bertemunya Mbah Ratu Anom, Ratu Bonang dan Nyai Ratu Arum Sari serta Ratu Naganingrum.

    (Husen Maharaja/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img