spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Bonsai Kelapa Asal Ciamis Berbentuk Hewan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bonsai kelapa saat ini banyak digandrung oleh masyarakat di tengah ramainya tanaman hias lain. Namun kreasi bonsai yang di buat oleh pemuda asal Ciamis ini berbeda dengan bonsai kelapa yang beredar diluaran.

    Pasalnya Inding Taswan yang merupakan warga Desa Baregbeg Kabupaten Ciamis, Jabar tersebut membuat kreasi bonsai kepala atau kitri menjadi bentuk sejumlah hewan.

    Dirinya mengaku, bisa membuat tanaman hiasnya itu seperti ayam, monyet, lebah, burung, laba-laba dan naga. Inding sengaja, membentuk bonsai tersebut dengan bentuk hewan agar terlihat ini dan lain dibandingkan bonsai yang dibuat oleh orang lain.

    BACA JUGA: Mengenal Tanaman Janda Bolong, yang Harganya Fantastis

    Kreasi unik bonsai hasil karya Inding ini harganya bervariatif, dari mulai Rp200 sampai Rp500 ribu satu buahnya.

    “Tadinya saya hanya tukang teknisi AC saja, namun karena pandemi dan orderan tidak ada, saya coba buat kreatifitas baru dan nemu ide buat bonsai kelapa atau kitri,” kata Inding, Selasa (23/3/2021).

    bonsai kelapa fokusjabar
    Bonsai berbentuk naga kreasi Inding warga asal Ciamis. (Foto: Riza M Irfansyah)

    Inding menuturkan, untuk membuat bonsai kelapa yang unik dengan berbagai bentuk hewan, membutuhkan kelapa tua yang telah jatuh, setelah itu barulah proses membuat kitri.

    Setelah membuat kitri, kemudian menunggu kitri tersebut berakar kurang lebih selama tiga bulan. Kemudian ketika tumbuh akar barulah proses pembentukan bonsai kelapa hewan.

    “Saya belajar sendiri di internet dalam hal membentuk kitri menjadi berbagai bentuk hewan ini. Lumayan sulit karena ini dari serabut kelapanya harus saya bentuk menyerupai hewan,” kata dia.

    Karena bentuknya yang unik, bonsai kelapa dengan berbagai bentuk hewan ini, sangat cocok disimpan di halam rumah sebagai hiasan.

    Dalam proses penjualannya juga Inding saat ini baru mempromosikannya di beberapa sosial media dan dari mulut ke mulut saja.

    “Alhamdulilah, meski baru tapi sudah ada yang pesan bonsai kelapa saya. Tak hanya dari Ciamis, tapi luar kota juga,” kata Inding. 

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img