spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran Terpilih Digelar Virtual?

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih, Jeje Wiradinadan dan Ujang Endin Indrawan, akan dilaksanakan pada Jumat (26/2/2021). Pelantikan sendiri rencananya dilakukan secara virtual atau daring.

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI). Selain Kepala Daerah Kabupaten Pangandaran, diketahui ada 122 kepala daerah lain yang akan dilantik pada akhir bulan Februari 2021. Ditambah sekitar 50 daerah yang gugatan sengketanya ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

    Plh Bupati Pangandaran Kusdiana mengatakan, pihaknya masih menunggu SK dari Kemendagri RI untuk pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih. “Mudah – mudahan, hari ini SK pelantikan dari Mendagri sudah kita terima,” kata Kusdiana, Rabu (24/2/2021).

    BACA JUGA: Pasien OTG Covid-19 di Pangandaran Bisa Isolasi Mandiri di Rumah

    Menjelang pelantikan, lanjut Kusdiana, pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatu untuk prosesi pelantikan yang akan digelar secara virtual. Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun sudah memberikan panduan terkait persiapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2020.

    “Berdasarkan aturan dari Kemendagri RI, pelaksanaan pelantikan harus menaati protokol kesehatan dan tamu undangan tidak lebih dari 25 orang,” Kusdiana menambahkan.

    Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan lima tempat bagi para tamu undangan yang akan menyaksikan proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran terpilih. “Untuk para Kepala SKPD, para Camat dan Kepala Desa bisa menyaksikan lewat daring  di kantornya masing-masing,” kata dia.

    Sedangkan untuk pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran, akan berlokasi di dedung DPRD Kabupaten Pangandaran. Selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati terpilih beserta istri, juga akan dihadiri tamu undangan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Pimpinan DPRD serta beberapa tokoh penting.

    Lokasi lain yang disiapkan yakni di Pendopo dan dihadiri keluarga dari pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran. Lalu di Aula Setda, disiapkan khusus untuk tamu undangan yang terdiri dari para tokoh masyarakat dan anggota DPRD.

    Kemudian di ruang Command Centre yang diperuntukkan bagi anggota Darma Wanita dan PKK Kabupaten Pangandaran. Terakhir di Aula Desa Parigi yang diperuntukkan bagi para awak media massa.

    (Agus/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img