Senin 1 Maret 2021

HUT Ke 18 Kota Banjar Berprestasi Ditengah Pandemi Covid-19

BANJAR,FOKUSJabar.id: Menginjak usia yang ke 18 tahun, Kota Banjar berprestasi di tengah Pandemi. Hal itu terbukti dengan banyaknya penghargaan – penghargaan yang diraih baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Semua itu tidak lepas dari peran serta para OPD, ASN dan masyarakat Kota Banjar. Tema yang diambil pada Hari Jadi Kota Banjar yang ke 18 ini yakni “Dengan Semangat Tangguh dan Berseri Banjar Bergerak Melawan Covid-19”.

Prestasi yang diraih Pemerintan Kota Banjar pada masa Pandemi Covid – 19 ini pertama meraih nilai “B” untuk Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja IntansiPemerintah (SAKIP) pada tahun 2019 dari Kemenpan RB. Prestasi itu diraih dimana terjadi kenaikan nilai SAKIP dari 63 ditahun 2018 menjadi 67 ditahun 2019. Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana yang menerima secara langsung “Sakip Award 2019” dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahyo Kumolo pada acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah Kabupaten/ Kota Regional Wilayah I, di Batam Kepulauan Riau.        

Prestasi ke 2 yang diraih Pemerintah Kota Banjar yakni kembali diraihnya
opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Jawa Barat atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. Opini tertinggi kali ini merupakan pencapaian kesebelas kali yang diraih oleh Kota Banjar. PenyerahanLaporan Hasil Penilaian (LHP) dilakukan oleh Kepala BPK PerwakilanJawa Barat melalui video conference (vidcon) dengan Wali Kota Banjar di ruang Sekretariat Covid Center Pendopo Kota Banjar, Kamis, 25 Juni 2020.

Prestasi ke 3 yang diraih Pemerintah Kota Banjar yakni kembali meraih penghargaan di Bidang Kesehatan sebagai Kota Sehat (Swasti Saba) Wistara Tahun 2019. Predikat Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat dari Kementerian Kesehatan.Penghargaan ini diberikan kepada 17 Kabupaten/Kota di Jawa Barat atas kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas diantara seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing – masing.

BACA JUGA: Pemkot Banjar Cari Solusi Dampak Pandemi Covid-19

Wujud apresiasi atas prestasi tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, yang diserahkan secara simbolik oleh Wakil GubernurJawa Barat  Uu Ruzhanul Ulum secara langsung kepada Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade UuSukaesih, M.Si., yang bertempat di Pusat Dakwah Islam (PUSDAI), Bandung, Selasa, 29 September 2020.

FOKUSJabar.id Banjar
Penghargaan Kota Peduli HAM. 

Prestasi yang ke 4 Kota Banjar meraih Bank Indonesia award 2020 yaitu sebagai Pemda terdepan dalam Implementasi Electronic Trading Platform (ETC). Penghargaan itu  diserahkan oleh Kepala BI Tasikmalaya kepada Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih pada Selasa, 08 Desember 2020.

Prestasi ke 5 yang diraih Kota Banjar yakni penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar pada Senin 14 Desember 2020.

Yang ke 6 Kota Banjar meraih 2 kategori penghargaan dari Kemenkeu yaitu penghargaan atas pencapaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 dan penghargaan atas Raihan WTP secara berturut – turut. Dimana Kota Banjar sendiri telah meraih 11 kali WTP dari Kementrian Keuangan yang disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan RI SRI Mulyanisecara Virtual ZOOM pada Kamis 17 Desember 2020.

HUT Ke 18 Kota Banjar Berprestasi Ditengah Pandemi Covid-19 1
Penghargaan Bank Indonesia.

Dengan bertambahnya usia Kota Banjar ini, Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih mengajak masyarakat untuk renungkan sejenak atas pengabdian kita bagi kemajuan daerah ini. Mencermati kembali lebih jauh problematik yang menjadi hambatan, gangguan dan sekaligus kita jadikan sebagai tantangan untuk membangun Kota Banjar ke arah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Acara peringatan seperti ini janganlah sekedar mengingatkan pada nilai historis semata atau hanya sebagai kenangan. Seharusnya peringatan ini semakin menggugah hati nurani kita semua selaku warga Kota Banjar.  Disamping memaknai sebagai ungkapan rasa syukur dan wujud perasaan bangga kita semua atas terbentuknya Kota Banjar 18 tahun yang lalu,” katanya

Pada kesempatan yang penuh arti ini, Walikota mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada seluruh komponen masyarakat, kaum intelektual dan profesional lainnya di Kota Banjar, yang dengan penuh antusias dan dedikasi yang tinggi, menyampaikan aspirasi dan harapannya dalam menentukan arah pembangunan Kota Banjar serta bersama – sama merealisasikannya sehingga secara bertahap lahirlah Kota Banjar yang merupakan kristalisasi dari pemikiran bersama sebagai wujud rasa memiliki dan tanggung jawabnya untuk membangun daerah sendiri sehingga berkembang sejajar dengan Kabupaten/Kota lain khususnya di Jawa Barat.

(Adv)

Artikel Lainnya

HUT Ke 18 Kota Banjar Berprestasi Ditengah Pandemi Covid-19 3