Rabu 24 Februari 2021

Dusun Cigebot Ciamis Bakal Dijadikan Kampung Ikan Koi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dusun Cigebot, Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) bakal dijadikan Kampung Ikan Koi.

Demikian dikatakan Kepala Desa (Kades) Muktisari, Ade Suci Permana. Menurut Dia, di Dusun Cigebot sudah ada  breeding (pembibitan) Ikan Koi yang bisa menjadi unggulan perekonomian masyarakat setempat.

“Nantinya di setiap rumah warga di wilayah Dusun Cigebot Ciamis akan ada kolam pemeliharaan Ikan Koi,” kata Ade, Senin (22/2/2021). 

Ade mengatakan, Ikan Koi yang dipelihara warga merupakan hasil budidaya Kelompok Tani Ikan yang bekerjasama dengan AM-Plus.

BACA JUGA: 6 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

AM-Plus itu sendiri mendapat apresiasi dari Anggota Komisi XI DPR-RI, Agun Gunanjar Sudarsa karena telah mengembangan dan membudidayakan Ikan Koi di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) sehingga masyarakat bisa diberdayakan. 

“Saya mendapat informasi di Dusun Cigebot ada pembudidaya Ikan Koi yang memberdayakan warga dengan melibatkan BUMDes dalam pemeliharaanya sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Agun berharap, hasil pembibitan Ikan bisa menembus pasar Indonesia bahkan Internasional.

“Untuk memperkenalkannya harus ada festival dengan mengundang para penggemar Ikan Koi dari luar daerah,” katanya di Ciamis. 

(Husen Maharaja/Bambang)

Artikel Lainnya

Dusun Cigebot Ciamis Bakal Dijadikan Kampung Ikan Koi 1