Senin 1 Maret 2021

Bingung Nyari Referensi Buat Skripsi? Berikut Ini 6 Situs Jurnal Yang Bisa Diakses Secara Gratis

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Skripsi tentunya pasti akan sangat familiar dikalangan mahasiswa tingkatan akhir perkuliahan, lalu apa kah penting untuk dikerjakan? Pastinya sangat penting, karena merupakan tugas yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa tingkatan akhir untuk memperoleh gelar sarjana.

Mengerjakan tugas akhir juga bisa dibilang gampang-gampang susah. Dari mulai mengumpulkan data, mencari dasar teori, dan mencari bahan referensi merupakan hal pokok untuk menyusun sebuah skripsi. Nah, hal itulah yang membuat mahasiswa terkadang merasa terkendala dan pusing dalam mengerjakan tugas ini.

Tapi tenang dulu, bagi para pejuang tugas akhir ada baiknya mencoba mencari bahan referensi di situs web ilmiah yang sudah terakreditasi dan diakui, supaya tidak keblinger dan tentunya tugasnya cepat selesai.

Baca Juga: Microsoft Office 2021 Resmi Liris, Tersedia Akhir Tahun Ini

Nah, simak berikut ini 6 situs web ilmiah yang sudah terakreditasi, diakui dan gratis untuk digunakan yang bisa dijadikan sebagai acuan atau referensi untuk mencari bahan. Seperti dilansir dari INDOZONE.id.

6 Situs Referensi Skripsi

1. ACADEMIA (https://www.academia.edu/)

Skripsi

Seperti namanya academia merupakan situs jejaring sosial yang biasa digunakan oleh para akademisi untuk sharing seputar makalah penelitian. Tetapi jika kita hendak mencari bahan di academia, kita tidak akan diberikan kelonggaran. Pasalnya, kita hanya bisa melakukan pencarian jurnal yang telah diupload oleh para pengguna academia atau dengan kata lain, mesin pencarian di academia itu terbatas dan kurang lengkap.

2. GOOGLE SCHOLAR (https://scholar.google.com/)

Skripsi

Layanan yang dikembangkan oleh Google tersebut tentunya bisa memudahkan tugas para penulis skripsi untuk mencari bahan referensi dalam format publikasi. Di situs ini Kita bisa melakukan pencarian referensi sesuai topik skripsi yang dikerjakan.

3. INDONESIAN PUBLICATION INDEX (http://portalgaruda.fti.unissula.ac.id/)

Skripsi

IPI merupakan website pencarian referensi mata skripsi yang tidak jauh berbeda dengan Google Scholar, tetapi IPI lebih dominan dengan jurnal yang berbahasa Indonesia. Dan sistem pencariannya juga terbilang sangat mudah.

4. MICROSOFT LIBRARY (https://www.microsoft.com/)

Skripsi

Perangkat lunak Microsoft juga punya loh layanan khusus untuk mencari bahan referensi skripsi, pada layanan Microsoft Library kita bisa melakukan pencarian secara menyeluruh dari mulai mata kuliah dan fakultas.

5. Perpustakaan Nasional Indonesia (https://www.perpusnas.go.id/)

Skripsi

Pemerintah Indonesia secara resmi telah membuat situs perpustakaan skala besar yang bisa kita gunakan untuk mencari bahan dalam membuat skripsi kuliah. Perpustakaan menyediakan beragam jurnal ilmiah yang bisa diakses secara gratis. Namun kita harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan ini.

6. OPEN LIBRARY (https://openlibrary.org/)

Skripsi

Situs web untuk mencari referensi skripsi kuliah yang satu ini terbilang cukup unik, dimana kita bisa mengakses jurnal secara gratis dan bisa diakses dalam keadaan offline sekalipun.

Nah, itulah 6 Situs web yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi dalam membuat tugas skripsi kuliah.

(Fauza/Erwin)

Artikel Lainnya

Bingung Nyari Referensi Buat Skripsi? Berikut Ini 6 Situs Jurnal Yang Bisa Diakses Secara Gratis 1