Kamis 25 Februari 2021

Momentum Hari Jadi Kota Banjar ke 18 Dijadikan Refleski dan Evaluasi Bersama

BANJAR, FOKUSJabar.id: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar rapat Paripurna Hari Jadi Kota Banjar ke-18, di ruang rapat Paripurna DPRD kemarin Minggu (21/2/2021).

Hadir dalam Sidang Paripurna Hari Jadi Kota Banjar ke-18 tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih. Kemudian, jajaran Forkopimda anggota DPR RI Dapil X, DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil XIII, dan tamu undangan yang ikut melalui virtual zoom meeting.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Banjar, Dadang R Kalyubi menyampaikan, bahwa perayaan Hari Jadi ke-18 merupakan momen refleksi dan evaluasi bersama, atas perjalanan Pemerintah Kota Banjar sejak 18 tahun lalu hingga saat ini.

Kendati demikian, kata Dadang, pelaksanaan memeriahkan ulang tahun Kota Banjar pada tahun ini sedikit berbeda. Tidak bisa berlangsung secara meriah, karena situasi masih dalam masa pandemi Covid-19.

BACA JUGA: HUT Ke 18 Kota Banjar Berprestasi Ditengah Pandemi Covid-19

“Momentum ini menjadi evaluasi kita bersama, agar Kota Banjar semakin maju dan bisa bersanding dengan kabupaten/kota lain,” kata Dadang.

kota banjar fokusjabar
Rapat paripurna istimewa hari jadi Kota Banjar ke-18. (Foto: Agus)

Untuk itu, Dadang mengajak kepada semua pihak untuk bangkit bersama. Selain itu, fokus menjadikan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 saat ini, menjadi skala prioritas.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, agar wabah pandemi segera berlalu,” ucapnya.

Hal itu, menurutnya karena jika selama wabah pandemi ini belum tertangani dengan baik, maka aktivitas pembangunan di semua sektor bidang akan terhambat. Karena, anggaran yang ada terdampak refocusing untuk penanganan pandemi.

“Penanganan harus menjadi utama, dan semoga lebih cepat pembangunan semua sektor juga berjalan seperti yang lain. Kiranya juga kami masih melakukan refocusing anggaran,” ujar Dadang.

Selain evaluasi dan prioritas penanganan pandemi, DPRD juga menyampaikan apresiasi kepada pihak pemerintah atas berbagai penghargaan yang Pemkot Banjar terima pada tahun 2020. Dadang berharap sinergitas DPRD dengan pemerintah sebagai mitra kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan terjalin dengan baik. Sehingga, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Tentu kami apresiasi berbagai capaian pemerintah yang ada saat ini, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kota Banjar,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, pada kesempatan tersebut menyampaikan selamat Hari Jadi Kota Banjar yang ke-18. Wagub Jabar juga memberikan apresiasi. Menurutnya, meski baru berusia 18 tahun, namun Kota Banjar sudah menorehkan berbagai prestasi.

Selain itu, pembangunan infrastrukturnya maju dan perekonomiannya juga berkembang.

Lebih lanjut Uu mengatakan, bahwa pemerintah provinsi turut mendukung visi dan misi Kota Banjar, dalam upaya meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Selain itu, juga upaya dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan lingkungan hidup. Serta, inovasi – inovasi lain untuk mengembangkan potensi daerah.

“Program tersebut tentu sangat mendukung visi-misi Pemprov Jabar, yang berkeinginan membangun kemandirian di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” katanya.

(adv)

 

Artikel Lainnya

Momentum Hari Jadi Kota Banjar ke 18 Dijadikan Refleski dan Evaluasi Bersama 1