spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Diduga Akibat Pergerakan Tanah, Rumah di Bandung Retak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rumah warga di Kampung Cikadu Kidul RT 04 RW 02, Desa Buninagara, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung mengalami rusak parah. Warga menduga terjadi pergerakan tanah di bawah rumah tempat mereka tinggal.

    Seperti dilansir dari detikcom di salah satu rumah warga. Dari luar hanya terlihat retakan yang tidak terlalu besar pada tembok rumah. Tetapi ketika masuk ke dalam rumah, retakan besar terlihat di setiap dinding tembok.

    Retakan juga terlihat di dapur milik rumah warga. Bukan hanya retakan di rumah, jalan yang selebar 1,5 meter pun terlihat retak meskipun sudah ditutup menggunakan semen.

    Rumah tersebut merupakan milik Imas (39). Saat ini dirinya mengaku khawatir dengan kondisi rumahnya. Selain tembok, langit-langit rumahnya pun tampak akan rubuh. Pintu rumahnya pun tidak dapat tertutup dengan rapat.

    BACA JUGA: ODGJ Bandung Barat yang Dipasung Keluarga Akhirnya Dirujuk ke RSJ Cisarua

    “Ada pa beberapa bulan kemarin. Awalnya mah kecil biasa di tembok. Tahu-tahu jadi besar kaya sekarang,” kata Imas kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

    Ketua RW setempat, Nandang Wardan mengatakan pada awalnya warga menemukan retakan kecil sekitar 50 cm pada Agustus tahun lalu. Setelah beberapa bulan, retakan menjadi semakin lebar. “Ketahuan pada Agustus 2020 kemarin,” kata Nandang.

    Sejak tahun lalu, pihaknya telah melaporkan kerusakan tersebut kepada BPBD Kabupaten Bandung. Petugas BPBD dan PVMBG sudah melakukan asesmen dan kajian terkait penyebab retakan tersebut.

    Namun, hingga sekarang belum ada tindakan dari pemerintah daerah terkait hasil kajian tersebut.

    “Sudah ada pendataan dari BPBD, belum ada tindak lanjut,” kata Nandang.

    Nandang dan warga belum tahu pasti apa penyebab retakan tersebut terjadi. Namun, Dadang menduga aga gerakan tanah di bawah rumah warga.

    “Kalau malam kedengaran ada suara kretek-kretek gitu,” ungkapnya.

    ( Nendy )

    Berita Terbaru

    spot_img