Kamis 25 Februari 2021

Petani Karet Mentah Ciamis Menjerit Minta Dukungan Pemerintah

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Petani karet mentah di Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Jabar keluhkan harga getah karet yang murah.

Petani karet mentah Hamim mengatakan, sudah lama dirinya mengalami kerugian karena modal yang dikeluarkan dengan hasil penjualan tidak seimbang.

“Untuk saat ini harga getah karet dihargai Rp 7500/Kilogramnya oleh pengepul,” katanya. Selasa (16/2/2021).

BACA JUGA: Polres Ciamis Tangkap Curanmor yang Sedang Terlelap dalam Mobil

Padahal kata dia, saat beberapa priode yang lalu harga karet lumayan tinggi sekitar Rp 15.000/kg karena ada intervensi dari pemerintah mengenai harga getah karet tersebut.

“Dalam penentuan harga saat ini sepertinya tidak ada peran pemerintah sehingga para tengkulak seenaknya membeli getah karet ini, ” kata Hamim.

Hamim mengaku, dari informasi yang didapat harga merosot hingga dua kali lipat hanya di Ciamis, namun di daerah masih dengan harga tinggi karena keterlimbatan masyarakat didalamnya.

“Kenapa harga getah karet disini begituh murah sedangkan di wilayah lain cukup tinggi, ” kata dia.

Hamim melanjutkan, dengan kondisi saat ini para petani karet mentah diibaratkan ayam kehilangan induknya karena tidak bisa berbuat banyak dengan harga karet yang murah tersebut.

“Tolong kepada pemangku kebijakan agar harga tidak ditentukan oleh pengepul tapi ada standar harga dari Pemerintah,”kata dia.

(Husen Maharaja/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

Petani Karet Mentah Ciamis Menjerit Minta Dukungan Pemerintah 1