spot_img
Senin 12 April 2021
spot_img
spot_img

7 Manfaat dan 11 Jenis Lidah Mertua

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lidah Mertua (Sansevieria) merupakan marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari.

Lidah Mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak dengan ujung meruncing. Konon tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian.

Di Negara Sakura, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di dalam ruangan. Bahkan dipercaya menyerap bahan beracun, seperti Karbondioksida, Benzene, Formaldehyde dan Trichloroethylene.

BACA JUGA: 10 Jenis Sri Rejeki dan 6 Cara Merawatnya

Lidah Mertua dibagi menjadi dua jenis. Yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm.

Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang sehibngga disebut sebagai tanaman pedang-pedangan.

Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.

Warna daunnya beragam. Mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning.

Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan dan ada juga yang zig-zag.

Keistimewaan Lidah Mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi.

Menurut ilmu Feng Shui, Lidah Mertua dapat mendatangkan keberuntungan yang baik tergantung penempatannya. Juga dipercaya mampu menghalau energi negatif dengan sangat kuat.

Oleh karena itu, letakkan tumbuhan pembawa hoki ini di area yang jarang dilalui oleh anggota keluarga.

Lidah Mertua paling cocok ditempatkan di pekarangan rumah. Selain mendatangkan hoki yang baik, tanaman ini dapat menyerap polusi udara dam getah daunnya dapat dimanfatakan untuk tonic rambut.

Manfaat Lidah Mertua:

  1. Menyerap Polusi Udara

Pada umumnya, tanaman hijau memang bisa dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan.

CO2 tersebut dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan kemudian tanaman tersebut akan memproduksi oksigen.

  1. Menetralkan Aroma yang tak Sedap pada Kulkas

Selain memiliki kemampuan menyarap CO2, tanaman ini juga mampu menyerap bau tak sedap sebuah ruangan, terlebih bau kulkas yang lembap. Taruh potongan lidah mertua di pintu kulkas dan sela-sela ruangan.

Tidak hanya di rumah, tanaman ini juga kerap digunakan untuk mereduksi senyawa beracun berbahaya di sebuah ruangan khusus produksi agar tak terhirup oleh para pekerja.

  1. Mengurangi Radiasi

Sering menggunakan barang-barang elektronik di rumah seperti TV, laptop dan komputer?

Ada baiknya anda menyimpan tanaman ini di samping barang elektronik. Pasalnya mampu mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut sehingga mata pun akan terjaga kesehatannya.

  1. Mengobati Sindrom Trauma dengan Gedung

Sick bulding syndrome atau sindrom trauma dengan gedung sering diderita oleh orang-orang yang sering berada di ruangan yang tidak sehat.

Hal ini biasanya dipicu oleh ruangan yang memiliki kandungan zat karbon dioksida, nikotin pada asap rokok, serta pemakaian AC yang berlebihan. Nah, penggunaan 5 lembar daun tanaman ini di ruangan tersebut bisa mengatasi sindrom trauma.

  1. Memiliki Kemampuan Menyerap Polutan yang Tinggi

Tidak semua jenis tumbuhan diberkati dengan kemampuan untuk menyerap polutan serta memiliki titik resisten yang tinggi. Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan tersebut.

Bahkan mampu menangani sampai 107 jenis polutan, lebih spesifik lagi terhadap asap rokok.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Orang-orang zaman dahulu sangat bergantung pada tanaman untuk mengobati penyakit-penyakit yang menimpa mereka.

Ketika sakit kepala, mereka biasanya menggunakan tanaman hias lidah mertua untuk mengatasinya.

Untuk memanfaatkannya, cukup bakar saja daun dari tanaman ini.

  1. Membuat Rambut Berkilau

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan saja, tanaman ini sangat baik untuk kecantikan. Buktinya, tanaman ini bisa digunakan untuk merawat rambut.

Dengan mengolah akarnya menjadi sari dan mengusapkannya pada rambut, hal ini akan menyegarkan area kepala sehingga rambut akan tetap sehat dan berkilau.

Jenis Lidah Mertua:

  1. Sansevieria Trifasciata Laurentii

Jenis ini adalah salah satu jenis yang paling sering dipelihara banyak orang di halaman bersama dengan bunga kecil dan tanaman Pakis.

lidah mertua fokusjabar.id
(foto web)

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang keras dan memanjang. Ciri khasnya warna hijau yang dikombinasikan dengan warna kuning di sisi daunnya.

  1. Sansevieria Trifasciata

Sekilas, jenis ini mirip dengan lidah mertua sansevieria trifasciata laurentii. Bentuknya seperti daun yang keras dan memanjang.

Perbedaannya terletak pada corak warnanya berupa kombinasi hijau tua dan hijau muda. Selain itu, lidah mertua sansevieria trifasciata juga cocok di taruh di ruangan yang gelap atau teduh.

  1. Sansevieria Cylindrica

Tanaman hias ini berbeda dengan dua tanaman sebelumnya karena memiliki bentuk seperti tabung dengan ujung yang runcing di bagian atas.

Kombinasi warna hijau tua dan hijau muda membuat tanaman ini terlihat cantik. Sansevieria clyindrica juga terlihat sangat kaku sehingga daunnya akan patah jika ditekukkan.

lidah mertua fokusjabar.id
(foto web)

Jika menanam sansevieria cylindrica, anda harus lebih bersabar karena pertumbuhannya memerlukan waktu yang cukup lama.

  1. Sansevieria Hahnii

Sansevieria hahnii merupakan salah satu jenis lidah mertua yang bentuknya paling lucu karena ukurannya mini.

lidah mertua fokusjabar.id
(foto web)

Bentuknya yang kecil dan unik ini membuat tanaman ini terlihat anggun.

  1. Sansevieria Stuckyi

Tanaman ini sekilas mirip dengan sansevieria clyindrica, karena bentuk yang menyerupai tabung. Perbedaannya, sansevieria stuckyi memiliki bentuk yang lebih ramping dan tegak.

Tanaman hias ini dapat tumbuh tinggi hingga 2 meter. Selain itu sansevieria stuckyi dapat mengeluarkan aroma yang wangi sehingga cocok ditaruh di ruang keluarga atau ruang tamu.

  1. Sansevieria Pinguicula

Ciri khas jenis tanaman hias ini adalah kombinasi warna daun biru dan hijau. Tampilannya semakin cantik dengan warna cokelat kemerahan pada sisi daunnya serta tumbuh sangat cepat.

  1. Sansevieria Kirkii

Tanaman hias ini juga memiliki bentuk yang unik karena ukurannnya yang kecil. Sansevieria kirkii berbentuk seperti bintang dengan daunnya berwarna hijau tua.

Tanaman jenis ini juga dapat mengeluarkan aroma yang wangi.

  1. Sansevieria Ehrenbergii

Ciri khas tanaman ini adalah bentuk yang kecil dan daun yang terlihat sedikit kaku. Meski begitu, tanaman ini tetap terlihat cantik menjadi penghias rumah.

Tanaman jenis ini sangat cocok ditanam dalam pot kecil dan dipajang di dalam rumah.

  1. Sansevieria Moonshine

Tanaman  mini ini cukup unik karena bentuk daun yang pendek dan melebar. Selain itu, warna yang lebih terang dibanding lidah mertua lainnya, membuat tanaman hias ini membuat ruangan terasa lebih segar.

Tanaman hias indoor ini cocok ditaruh menjadi pajangan di atas meja kerja.

  1. Sansevieria Gold Flame

Jenis tanaman hias ini juga cukup unik karena bentuknya yang seperti kobaran api. Namun tetap cantik karena memiliki kombinasi warna yang cerah.

Bagian tepi daunnya berwarna kuning tampak serasi dengan warna hijau tua di bagian tengah daun.

  1. Sansevieria Black Dragon

Seperti namanya, jenis tanaman hias mini ini memiliki warna yang cenderung gelap dibanding tanaman hias lidah mertua lainnya.

Meski berwarna gelap, bentuknya daun yang pendek dan melebar akan tetap cantik jika dipajang di meja kerja atau teras rumah.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img