spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Cara Dapatkan Listrik PLN Gratis Periode Febuari 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: PLN kembali memberikan bantuan listrik gratis bagi masyarkat untuk periode Februari 2021.

    Masyarakat bisa mengakses bantuan listrik terwsebut lewat www.pln.co.id atau aplikasi PLN mobile.

    Namun, PLN memperingatkan masyarakat penerima bantuan untuk berhati-hati dengan adanya risiko penipuan. Program stimulus Covid-19 bersifat gratis, sehingga patut diwaspadai jika ada yang menyatakan bisa memberi bantuan dengan biaya tertentu.

    “Diskon listrik 100 persen untuk RI-450 VA berlaku Januari-Maret 2021. Hati-hati penipuan. Stimulus Covid-19 adalah program pemerintah tanpa biaya tambahan,” tulis PLN dalam akun Instagramnya pln_id, Senin (1/2/2021).

    Bagi yang belum mengakses token listrik gratis atau diskon 50 persen bulan Februari 2021, bisa segera memanfaatkan bantuan ini. Berikut cara akses stimulus Covid-19 di www.pln.co.id dan PLN mobile.

    Cara mengakses token gratis lewat www.pln.co.id

    Cara ini berlaku juga bagi yang menerima diskon 50 persen.

    1. Buka www.pln.co.id

    2. Pilih Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)

    3. Ketik ID pelanggan atau nomor meter dan kode captcha lalu klik Cari

    4. Token Gratis atau Diskon akan muncul di layar

    5. Kode tersebut dimasukkan ke dalam meteran sesuai ID pelanggan.

    Cara mengakses token gratis lewat PLN mobile

    1. Download dan instal aplikasi PLN mobile

    2. Buka aplikasi dan klik banner PLN Peduli Covid-19 di bawah Info & Promo

    3. Ketik ID pelanggan atau nomor meter, kemudian token gratis akan muncul

    4. Token gratis kemudian dimasukkan dalam meteran sesuai ID pelanggan.

    Token listrik gratis merupakan program pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Program ini diluncurkan pada tahun 2020 dan diperpanjang hingga Maret 2021.

    Berdasarkan keputusan pemerintah, perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi dalam ketentuan sebagai berikut:

    – Diskon listrik 100% diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA, dan industri kecil daya 450 VA. Adapun untuk pelanggan prabayar, setiap bulannya diberikan token gratis yang besarannya sama seperti sebelumnya.

    – Diskon 50% diberikan kepada golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Kemudian bagi pelanggan prabayar diskon 50% langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).

    “Jadi, untuk pelanggan pascabayar akan langsung mengurangi biaya tagihan listrik, kemudian untuk daya 450 VA prabayar token dapat diperoleh melalui cara yang sudah dijelaskan. Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, stimulus diterima ketika melakukan pembelian token listrik,” ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi dalam keterangan resmi, seperti dikutip Senin (1/2/2021).

    BACA JUGA:  Genjot Industri Bambu, Baju Baja dan PLN Jalin kerjasama

    Stimulus listrik ini nantinya akan berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening Januari-Maret 2021. Sementara itu, untuk pelanggan pra bayar berlaku saat pembelian token listrik Januari-Maret 2021.

    Seperti diketahui, Diskon 100 persen tarif listrik diberikan kepada golongan rumah tangga daya 450 VA, UMKM golongan bisnis kecil daya 450 VA, dan golongan industri kecil daya 450 VA. Kemudian diskon 50 persen bagi golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi.

    Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum untuk golongan sosial, bisnis, industri daya 1.300 VA ke atas, dan juga golongan layanan khusus. Selain itu, pembebasan biaya beban atau abonemen untuk golongan sosial daya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA serta golongan bisnis dan industri daya 900 VA.

    Bagi yang telah menggunakan aplikasi, PLN mengingatkan jangan lupa untuk upgrade akun PLN mobile. Upgrade bisa dilakukan saat cek riwayat penggunaan listrik pascabayar.

    “Upgrade akun diperlukan untuk memverifikasi data pelanggan, supaya data tersebut tidak diakses oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab,” tulis PLN dalam akun Instagramnya.

    Cara upgrade akun PLN mobile:

    1. Swafoto atau selfie pelanggan

    2. Upload foto di profil bagian Verify

    3. Bila upgrade akun berhasil akan muncul centang biru.

    PT PLN juga berkomitmen untuk mendorong program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KLBB) melalui penyediaan infrastruktur penunjang baik melalui Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) maupun platform digital charge.in.

    Wadirut PT. PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan, pihaknya sudah membangun showcase baik untuk mobil dan motor listrik maupun bus stasiun pengisian listri dirumah. Selain itu PLN juga memberikan sejumlah stimulus untuk mendorong daya tarik KLBB. Seperti apa dukungan PLN terhadap KLBB? Selengkapnya simak dialog Erwin Surya Brata dengan Wakil Direktur Utama PT. PLN (Persero), Darmawan Prasodjo sepertio dilansir CNBC.

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img