spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    6 Destinasi Wisata di ‘Kota Sunset’ Pariaman

    SUMATERA,FOKUSJabar.id: Kota Pariaman, Sumatra Barat kini terkenal dengan ‘The Sunset City of Indonesia’ atau ‘Kota Sunset di Indonesia’. Keindahan matahari terbenam di kota pantai kota itu pun kini telah mendunia.

    berikut sejumlah tempat wisata yang bisa disambangi di Pariaman:

    1. Pulau Kasiak

    Pulau Kasiak. (web)

    Pulau Kasiak berupa pulau kecil yang dikelilingi oleh air jernih bak biru turkis dan pasir halus berwarna putih. Berwisata ke Pulau Kasiak seperti berwisata ke pulau pribadi, karena sepinya pengunjung.

    Ombak di perairannya terbilang tenang, sehingga turis bisa melakukan snorkeling dengan aman. Banyak juga yang datang untuk memancing.

    BACA JUGA: Curug Tujuh, Pesona Keindahan 7 Air Terjun dengan Keaslian Alamnya

    Pulau ini juga menjadi habitat Penyu Belimbing dan Penyu Sisik. Ada mercusuar di tengah pulau yang masih berfungsi hingga sekarang.

    2. Pulau Ujung

    Pulau Ujung. (web)

    Sama seperti namanya, letak pantai ini berada paling jauh dibandingkan pulau-pulau lainnya di Pariaman. Turis bisa menumpang perahu dari Pantai Gandoriah untuk bisa sampai ke sini. Durasi perjalanannya sekitar 20 menit.

    Kegiatan snorkeling sampai memancing bisa dilakukan di sini. Di pulau tak berpenghuni ini juga ada hutan yang ditumbuhi Pohon Aru dan Pohon Kelapa.

    Selain wisatawan, pulau ini juga sering didatangi nelayan yang sedang bersinggah sebelum memancing di laut lepas.

    3. Muara Mangguang

    Muara Mangguang. (web)

    Saat sore hari banyak anak muda yang mendatangi pantai di Kecamatan Pariaman Utara ini untuk surfing. Ombaknya merupakan pertemuan arus laut dan arus sungai.

    Selain Muara Mangguang, lokasi surfing lainnya di Pariaman ialah Muara Sunuah, Karang Sambareh (dekat Pulau Ujung), dan Pantai Gandoriah.

    4. Batu Malin Kundang

    Batu Malin Kundang. (web)

    Legenda Malin Kundang kabarnya nyata dan buktinya bisa dilihat berupa pecahan batu di tepi Pantai Air Manis – atau Pantai Aia Manih sebut masyarakat setempat.

    Tak hanya batu yang sedang bersujud, terdapat pula pecahan batu lain yang diduga dari kapal yang ditumpangi Malin Kundang.

    Batu Malin Kundang yang asli sudah hancur karena terlalu sering dihantam ombak pasang. Saat ini batu yang tersisa sudah dipugar dengan semen.

    5. Tapian Puti

    Tapian Puti. (web)

    Tapian Puti berupa pemandian air panas alami yang berbentuk kolam tujuh tingkat. Dari atas, pemandanngannya mirip kubangan air di bebatuan, amatlah indah.

    Berlokasi di Desa Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, medan perjalanan menuju Tapian Puti bisa dibilang cukup menantang, karena perlu tenaga ekstra untuk mendaki.

    Konon katanya tempat ini dulu merupakan tempat pemandian yang biasa digunakan oleh tujuh putri khayangan. Masyarakat setempat percaya bahwa ke tujuh putri tersebut mandi di masing-masing tujuh tingkatan kolam tersebut. Itulah sebabnya kenapa tempat ini dinamakan Tapian Puti yang artinya pemandian para putri.

    6. Air Terjun Nyara

    Air Terjun Nyarai. (web)

    Air Terjun Nyarai – atau Lubuk Nyarai di Pariaman sebut masyarakat setempat, berlokasi di Hutan Gamaran, Kecamatan Lubuk Alung.

    Trekking menembus hutan sampai menyeberangi sungai menjadi salah satu cara menggapai air terjun kecil beserta kolamnya yang jernih.

    Saat musim panas, kolam akan berwarna kehijauan. Sementara saat musim hujan, kolam bakal keruh.

    Air Terjun Nyarai memiliki ketinggian delapan meter. Selain berenang, banyak juga yang datang untuk memancing di kolamnya.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img