spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Warga di Desa Talagasari Diungsikan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ratusan warga di Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis diungsikan ke tempat lebih aman menyusul semakin parahnya bencana pergerakan tanah di wilayah tersebut. Sebelumnya puluhan warga desa mengungsi guna menghindari bencana yang terjadi sejak 1 Januari 2021 itu.

    Kasi Ekbang Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis Dadang Rohyaman mengatakan, hampir semua warga terdampak diungsikan ke tempat lebih aman untuk menghindari bahaya yang mengancam mereka.

    BACA JUGA:  28 Rumah Warga di Cikelet Garut Rusak Berat

    “Warga di wilayah RT 21 dan 22 Dusun Sukamaju ada 60 Kepala keluarga (156 jiwa), kemudian warga Rt14/06 Dusun Sukahurip ada 13 kepala keluarga (28 jiwa), semuanya diungsikan karena lokasinya sangat rawan, ” kata Dadang, Sabtu (9/1/2021).

    Selain merusak rumah warga, pergerakan tanah juga merusak masjid hingga jalan sepanjang 1 kilometer. Selain wilayah RT 22 dan 21 Dusun Sukamaju, warga di RT14 Dusun Sukahurip pun dikosongkan.

    BACA JUGA: Puluhan Warga di Desa Talagasari Ciamis Dievakuasi Akibat Pergerakan Tanah

    ” Wilayah ini sangat rawan karena berada di bawah lokasi pergerakan tanah,” kata dia.

    Adapun bangunan rumah yang rusak akibat pergerakan tanah hingga Sabtu (9/1/2021), yakni 22 unit terancam, 4 unit rusak ringan, tiga unit rusak sedang dan lima unit rusak parah.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img