spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Bandara Kertajati Majalengka Dijadikan Pusat Kargo 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bandara Kertajati Majalengka ditargetkan menjadi pusat kargo nasional pada tahun 2021, sebagai upaya untuk menghidupkan bandara kebanggaan Jabar tesebut.  

    Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengatakan, Bandara Kertajati menjadi pusat logistic nasional tahun ini sudah menjadi rencana program Gubernur Jabar Ridwan Kamil, namun karena pandemi Covid-19 sedikit melambat untuk realisasinya.

    “Kita akan mencoba memproses kembali, tahun lalu kami sudah berkirim surat ke Kementerian Perhubungan, tapi adanya pandemi jadi di-hold, kami akan dorong lagi,” kata Hery, Rabu (6/1/2021).

    Dinas Perhubungan sendiri menurutnya sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan jajaran direksi PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BJIB) membahas peluang menggenjot kargo.

    “Di divisi pemulihan ekonomi daerah ini dibahas juga, kebetulan disitu stakeholder ada,” kata dia.

    Menurutnya jika tidak ada pandemi, Bandara Kertajati dipastikan bakal hidup baik dari sisi penerbangan komersial maupun kargo. Ketika kondisi masih normal, dua layanan dari Bandara Husein Sastranegara ini bahkan beralih ke sana.

    BACA JUGA: Sepi Peminat, Citilink Tutup Sementara 3 Rute dari Bandara Kertajati

    “Arahnya ke sana. Ketika sudah dicanangkan oleh Pak Gubernur ke Kertajati, otomatis logistik Husein juga pindah ke sana,” katanya.

    Hery sendiri menilai penting Bandara Kertajati dihidupkan lewat aktifitas kargo juga umroh dan haji oleh Pemeritah Pusat. Menurutnya Jawa Barat dalam urusan Bandara Kertajati beberapa kali “dikecewakan” oleh kebijakan Pusat.

    “Kita tidak masuk dalam 7 bandara internasional oleh Kemenhub, lalu soal tempat pemeriksaan keimigrasian oleh Kementerian Agama yang berdampak pada pemberangkatan umroh dan haji, kalau Kertajati jadi pusat kargo dan umroh, ini jadi semacam kompensasi “kekecewaan”,” kata dia.

    Karena itu pada 2021 ini, Hery memastikan Dishub maupun tim Pemulihan Ekonomi Daerah akan berupaya keras agar peluang tersebut terealisasi terutama lewat dukungan kebijakan pemerintah pusat. Bentuknya peraturan mentri perhubungan.

    Di sisi lain, pihaknya juga akan menindaklanjuti ulang pembicaraan dengan sejumlah maskapai penerbangan terkait penerbangan logistik. Rencana maskapai melayani penerbangan komersial dan kargo di Kertajati menurutnya sempat menguat namun pandemi Covid-19 membuat pembicaraan terhenti.

    “Pandemi membuat pembicaraan hold. Kita dikalahkan demand. Kita tidak bisa memaksakan maskapai yang sampai saat ini masih menggabungkan layanan kargo dan penerbangan komersial,” katanya.

    Sementara itu Pengamat dan praktisi Bisnis Kargo Ferry Nursuardi menilai Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus segera mencari jalan keluar bagi keberlangsungan aktifitas Bandara Kertajati.

    “Peluang menghidupkannya ada di kargo dan umroh, sambil menunggu penerbangan komersial normal,” katanya.

    Dia mengaku bersama para pelaku bisnis kargo sudah membicarakan kemungkinan untuk menggeser layanan kargo dari Bandara Husein Sastranegara dan sebagian Soekarno-Hatta ke Kertajati.

    “Rata-rata sepakat, kapasitas Bandara Kertajati sebagai Freigther Center Hub sangat mampu, ditambah ada cargo village, ini terbesar di Indonesia,” katanya.

     Penetapan Bandara Kertajati sebagai pusat penerbangan logistik sendiri menurutnya memiliki sejumlah keuntungan. Pertama, mengurangi kepadatan lalu lintas ke Bandara Soekarno-Hatta, kedua Kertajati bisa menurunkan ongkos logistik.

    “Total cost di Kertajati itu lebih murah, ground handling murah, ongkos angkut kita bisa tekan lebih murah,” katanya.

    Dia menghitung potensi kargo internasional yang bisa dilayani oleh Bandara Kertajati memungkinkan bandara ini bernapas panjang jika menggarap potensi kargo 550 ton per pekan atau 2200 ton kargo per jbulan. “Itu baru kargo yang masuk saja dari internasional,” katanya.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img