spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Bangun Stadion, Pemkab Bandung Barat Gandeng BUMN

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat sudah melakukan kerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII dan Kementerian BUMN terkait rencana pembangunan stadion terpadu di kawasan Cikalong Wetan. Stadion yang akan diberinama Gelora Bandung Barat itu ditargetkan bisa selesai di tahun 2021.

    “Jadi berdasarkan informasi terakhir yang sata terima, PTPN VIII, Kementerian BUMN, dan Pemkab Bandung Barat sudah melakukan kerjasama (terkait pembangunan stadion). Kita lihat nanti progresnya seperti apa,” kata Ketua KONI KBB Rian Firmansyah saat ditemui di Lembang, baru-baru ini.

    Rian mengatakan, kerjasama tersebut diperlukan karena lahan yang akan digunakan untuk pembangunan berada di area PTPN VIII. Yakni perkebunan teh Walini, Cikalong Wetan.

    “Untuk pembangunan stadion itu, tentunya menjadi domain dari Pemkab Bandung Barat dan melibatkan semua unsur serta leading sector. Termasuk dengan pemerintah pusat serta PTPN karena dari sisi lokasi lahan merupakan wilayah mereka,” kata dia.

    fokusjabar.id stadion Gelora Bandung Barat
    MoU antara Pemkab Bandung Barat, PTPN VIII, serta beberapa pihak terkait pembangunan stadion dan KWT. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: KONI KBB Incar Posisi Tiga Besar Porprov XIV Jabar 2022

    Pembangunan stadion yang disekitarnya akan juga dibangun beberapa venue olahraga, lanjut dia, menjadi salah satu upaya KBB setelah ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jabar tahun 2022. Selain itu, dengan keberadaan komplek sarana olahraga terpadu itu akan mendukung proses pembinaan keolahragaan di KBB.

    “Jadi semua sudah terprogres, mohon doa juga dari semua pihak dan warga sehingga bisa cepat terwujud. Tidak hanya untuk Porprov XIV saja, dengan adanya sentra olahraga tersebut, proses pembinaan atlet bisa dilakukan dengan lebih baik ,” kata Rian.

    Sementara terkait kesiapan venue lain untuk Porprov XIV Jabar tahun 2022, Rian mengatakan sudah cukup siap. Pasalnya, sebagian besar venue sudah sering digunakan cabang olahraga untuk berbagai kejuaraan baik level provinsi maupun nasional.

    “Untuk venue Poprov XIV Jabar, sebagian besar sudah siap dan sudah menjadi langganan cabang olahraga menggelar kejuaraan. Tinggal sedikit perbaikan saja,” kata dia.

    Seperti diketahui, KBB menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara Porprov XIV Jabar pada tahun 2022. Berdasarkan SK KONI Jabar terbaru, KBB akan menjadi tuan rumah pertandingan di 20 cabang olahraga diantaranya angkat besi, angkat berat, binaraga, catur, dansa, gulat, golf, berkuda equestrian, ski air, menembak, senam, sepatu roda, squash, boling, dan hoki.

    fokusjabar.id stadion Gelora Bandung Barat
    Maket stadion Gelora Bandung Barat. (FOTO: WEB)

    Untuk mendukung hal tersebut, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menginginkan pembangunan Stadion Gelora Bandung Barat di Cikalongwetan bisa selesai pada 2021.

    “Saya ingin stadion bertaraf internasional beserta sarana olahraga lainnya di Cikalongwetan selesai 2021. Kenapa? Karena sebelum dipakai kan harus ada uji kelayakan dulu, jadi ada spare waktu hingga penyelenggaraan Porprov 2022,” kata Umbara seperti dilansir sindonews.com.

    Kehadiran stadion, disebut Umbara sangat penting karena dapat menjadi sarana pendukung utama digelarnya berbagai pertandingan di Porprov XIV Jabar. Stadion dengan taraf internasional itu akan dibangun di atas lahan seluas 30 hektare yang pembangunannya bersamaan dengan pengembangan Kawasan Walini Raya (KWR) sehingga keberadaannya saling mendukung satu sama lain.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img