spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    4 Rumah di Cibadak Kota Bandung Roboh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Jawa Barat (Jabar), Oded M. Danial meninjau hunian roboh di Kelurahan Cibadak Gang Citepus RT09/03 Cibadak, Kecamatan Astanya Anyar akibat luapan sungai Citepus, Kamis (24/12/2020) kemarin.

    Menurut Oded, terdapat empat Kepala Keluarga (KK) yang huniannya tergerus aliran Sungai Citepus. Empat kamar di antaranya runtuh dan terbawa arus sungai.

    kota bandung fokusjabar.id
    Wali Kota Bandung Oded M Danial Saat Meninjau Hunian Roboh
    (FokusJabar/Yusuf Mugni)

    “Ini ada 4 kamar yang terkena erosi terbawa air sungai, tapi Alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Keluarga pak Jajang, Habib, Sapei, saya lihat hampir di 2 meter terkikis,” kata Oded, Jumat (25/12/2020).

    BACA JUGA: Disbudpar Kota Bandung: Pengunjung Tempat Hiburan Malam Wajib Tunjukan Hasil Negatif Uji Rapid Antigen

    Pengikisan kirmir sungai sebenarnya telah terpantau sejak sebulan yang lalu. Sehingga, pihak kecamatan setempat telah mengingatkan kepada penghuni untuk waspada saat hujan lebat.

    “Ini memang kata pak camat sebulan lalu sudah ada yang terkikis dan sudah diwarning. Alhamdulilaah di Pagarsih itu, sebulan yang lalu juga terjadi banjir, oleh pak camat diwarning supaya tidak dipakai dulu tidak dihuni dulu, alhamdulilaah tidak ada korban,” ungkap Oded. 

    Wali Kota Bandung menambahkan, warga telah bersepakat untuk memperbaiki bangunan dengan memberikan jarak antara bangunan dan bibir sungai. Hal itu dilakukan untuk menghindari kejadian serupa di saat hujan lebat.

    kota bandung fokusjabar.id
    Wali Kota Bandung Oded M Danial Saat Meninjau Hunian Roboh
    (FokusJabar/Yusuf Mugni)

    “Di situ beberapa kamar yang ada dipinggir kali tergerus dan hasil dari kesepakan dengan Rt dan masyarakat camat, mereka siap akan mundur nanti kita akan perbaiki,” pungkas Wali Kota Bandung.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img