spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Derbi Manchester; Pembuktian The Red Devils

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Derbi Manchester akan tersaji pada pekan ke-12 Liga Premier Inggris 2020/2021 di stadion Old Trafford, Minggu (13/12/2020) dini hari mulai pukul 00.30 WIB. Inilah duel pembuktian bagi kedua tim asal Kota Manchester tersebut.

    Pertemuan terakhir pada musim 2019/2020, Manchester United yang juga tampil sebagai tuan rumah tampil sebagai pemenang. Saat itu, The Red Devils menang 2-0 berkat gol yang dicetak Anthony Martial dan Scott McTominay.

    Namun jelang duel Manchester musim ini, United harus menjamu seterunya, Manchester City, dengan rapor merah dengan catatan dua kekalahan dalam lima laga di semua kompetisi. Terakhir, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer baru saja tersingkir secara menyakitkan dari pentas Liga Champions Eropa 2020/2021.

    United dipermalukan klub asal Jerman, RB Leipzig dengan skor 2-3. Hasil tersebut membuat Setan Merah menempati posisi ketiga di klasemen akhir grup H dan gagal melaju ke fase gugur.

    Kondisi berbeda dialami tim tamu, Manchester City. Pasukan Pep Guardiola justru tampil trengginas di lima laga terakhir di semua kompetisi dengan rekor tak terkalahkan.

    The Citizens mengemas empat kemenangan dan satu kali hasil imbang. Terakhir, Manchester City menekuk Marseille dengan skor 3-0 di ajang Liga Champions Eropa dan memastikan melaju ke fase 16 besar sebagai juara grup C.

    BACA JUGA: Kim Seon Ho Ingin Berlibur di Bali, Wishnutama Sangat Antusias

    fokusjabar.id derbi manchester
    Klasemen sementara Liga Premier Inggris 2020-2021 hingga pekan ke-11. (FOTO: Istimewa)

    Namun di ajang kompetisi Liga Premier Inggris, The Red Devils justru berada satu tingkat diatas The Citizens di klasemen sementara. United menempati peringkat enam dengan poin 19, sedangkan City menguntit di bawahnya dengan poin 18.

    Karena itu, derbi Manchester kali ini akan menjadi pembuktian bagi The Red Devils jika mereka layak berada diatas The Citizens di klasemen sementara Liga Premier Inggris 2020/2021. Sekaligus bangkit dari keterpurukan mereka di Liga Champions Eropa.

    Dari catatan pertemuan kedua pelatih di semua kompetisi, Ole Gunnar Solskjaer memiliki persentase kemenangan tertinggi saat bertemu pasukan Pep Guardiola. Solskjaer mencatatkan 60 persen kemenangan saat bertemu pasukan Pep Guardiola, dengan catatan tiga kemenangan dari lima pertemuan terakhir derbi Manchester.

    Selain itu, Anthony Martial bisa mencetak sejarah baru sebagai pemain United yang mencetak gol dalam tiga derbi Manchester secara beruntun. Satu-satunya pemain yang berhasil mencatatkan rekor tersebut adalah Eric Cantona pada derbi Manchester antara Maret 1993 hingga April 1996.

    fokusjabar.id derbi manchester
    Anthony Martial menjadi pemain United yang berhasil membobol gawang City pada dua Derbi Manchester terakhir. (FOTO: WEB)

    Asa memenangkan derbi Manchester pun disampaikan Marcus Rashford. Kemenangan atas City, diakuinya akan mempu mendongkrak semangat dan motivasi pemain juga secara tim usai gagal di kancah kompetisi Liga Champions.

    “Itu masa lalu yang tidak bisa kita ubah. Kami kecewa dan satu-satunya cara kami bisa kembali yakni dengan memenangkan pertandingan berikutnya (melawan City). Itulah yang kami fokuskan sekarang. Ini kesempatan terbesar menebus kesalahan, sebagai individu dan sebagai tim. Kita harus melakukannya bersama sebagai tim. Kami akan memberikan segalanya melawan City,” kata Rashford dilansir laman resmi klub.

    Namun, City bukan tidak memiliki sejarah mentereng pada derbi Manchester. The Citizens telah memenangkan tujuh laga Liga Premier Inggris di Old Trafford dan menjadi yang terbanyak dibanding tim tamu lainnya dalam sembilan musim terakhir.

    Selain itu, Raheem Sterling dipastikan memiliki motivasi berlebih. Pasalnya, Sterling selalu gagal mencetak gol ke gawang United pada 16 laga yang dijalaninya di Liga Premier Inggris.

    fokusjabar.id derbi manchester
    Raheem Sterling menjadi pemain City yang belum pernah membobol gawang United. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Aktivis Jabar Tolak Pembentukan TPIF Kasus KM 50 Cikampek

    Dengan catatan lima laga terakhir tak terkalahkan, para penggawa Manchester City dipastikan memiliki tekad melanjutkan momentum. Terlebih di dua laga terakhir mampu meraih poin penuh tanpa kebobolan.

    “Saat meraih kemenangan, itu memudahkan langkah menatap pertandingan berikutnya dan lebih mudah untuk kembali memenangkan laga dan kami ingin menjaga momentum itu saat melawan United pada Sabtu. Kami hanya ingin terus menang,” kata winger The Citizens, Bernardo Silva seperti dikutip kompas.com dari AS.

    Fakta menarik Derbi Manchester
    Derbi Manchester kali ini menjadi pertemuan ke-183 kedua tim di berbagai kompetisi. Sedangkan di kompetisi Liga Premier Inggris, inilah Derbi Manchester edisi ke-47.

    Dari total 182 pertemuan United versus City di semua kompetisi, The Red Devils mencatatkan 76 kemenangan, Citizens dengan 54 kemenangan dan 52 laga berakhir imbang. Sedangkan di kompetisi Liga Premier Inggris, United sudah memenangkan 23 laga, Manchester City menang 15 laga dan sisanya yakni delapan laga berakhir seri.

    5 Pertemuan Terakhir Derbi Manchester
    Minggu (8/3/2020) : United 2-0 City di Old Trafford
    Sabtu (7/12/2019) : City 1-2 United di Etihad Stadium
    Rabu (24/4/2019) : United 0-2 City di Old Trafford
    Minggu (11/11/2018) : City 3-1 United di Etihad Stadium
    Sabtu (7/4/2018) : City 2-3 United di Etihad Stadium

    fokusjabar.id derbi manchester
    Gabriel Jesus kemungkinan besar akan menjadi pilihan Pep Guardiola di lini depan City. (FOTO: WEB)

    Dari catatan pertandingan kedua tim, United hanya meraih 21 persen poin saat menjalani laga kandang pada musim ini (4/19) dan menjadi yang paling rendah dibandingkan tim lainnya. Sementara Manchester City mengalami lima kekalahan saat menjalani laga tandang sepanjang tahun 2020.

    5 Laga Terakhir Manchester United
    Rabu (9/12/2020) : vs RB Leipzig (2-3) di Liga Champions
    Minggu (6/12/2020) : vs West Ham (3-1) di Liga Premier Inggris
    Kamis (3/12/2020) : vs PSG (1-3) di Liga Champions
    Minggu (29/11/2020) : vs Southampton (3-2) di Liga Premier Inggris
    Rabu (25/11/2020) : vs Istanbul Basaksehir (4-1) di Liga Champions

    5 Laga Terakhir Manchester City
    Rabu (9/12/2020) : vs Marseille (3-0) di Liga Champions
    Sabtu (5/12/2020) : vs Fulham (2-0) di Liga Premier Inggris
    Kamis (1/12/2020) : vs Porto (0-0) di Liga Champions
    Sabtu (28/11/2020) : vs Burnley (5-0) di Liga Premier Inggris
    Rabu (25/11/2020) : vs Olympiakos (1-0) di Liga Champions

    fokusjabar.id derbi manchester
    Bruno Fernandes akan menjadi tumpuan United di lini tengah untuk bertarung dengan gelandang City, De Bruyne. (FOTO: WEB)

    Meski Anthony Martial menjadi pemain United yang selalu mencetak gol dalam dua Derbi Manchester terakhir, namun dia dikabarkan diragukan tampil termasuk Edinson Cavani. Keduanya dikabarkan masih cedera setelah absen pada pertengahan pekan.

    Di kubu Manchester City, Pep Guardiola memastikan jika Sergio Aguero tidak akan tampil sebagai starter meski sudah mencetak gol pada pertengahan pekan. Gabriel Jesus diperkirakan akan memimpin lini depan lagi.

    Eric Garcia dan Ilkay Gundogan pun diragukan tampil setelah absen pada pertengahan pekan. Kepastian keduanya kembali ‘merumput’ akan dinilai sebelum kickoff.

    Kevin De Bruyne, Rodrigo, Ruben Dias, John Stones, Ederson dan Benjamin Mendy kemungkinan akan menjadi pilihan Guardiola sebagai starting lineup di Derbi Manchester kali ini.

    Prediksi Starting Lineup
    Manchester United (4-2-3-1)
    Pemain: David De Gea (GK); Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Alex Telles; Scott McTominay, Fred; Juan Mata, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Mason Greenwood.
    Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

    Manchester City (4-2-3-1)
    Pemain: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Benjamin Mendy; Rodrigo, Fernandinho; Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling; Gabriel Jesus.
    Pelatih: Pep Guardiola

     

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img