Kamis 21 Januari 2021

Curug Kembar Binuang Kabupaten Ciamis Tawarkan Sejuta Pesona Alam

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Curug Kembar Binuang Kabupaten Ciamis merupakan destinasi Wisata yang memiliki keindahan tersendiri, dimana terdapat dua Curug yang saling berdekatan yang dikelilingi oleh bebatuan alami yang tampak tersusun rapi mengelilingi pinggiran Curug.

Curug Kembar Binuang berlokasi di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis, Jabar bisa ditempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Ciamis.

Akses jalan menuju wisata Curug kembar Binuang terbilang cukup mudah, tapi jika pengunjung hendak menikmati keindahan Curug Kembar harus tetap berhati hati. Pasalnya, pengunjung akan dihadapkan dengan tanah yang licin serta kondisi jembatan yang sudah keropos.

Sementara itu Asep pengelola Curug Binuang mengatakan, Wisata Curug Kembar Binuang baru dibuka pada awal bulan Juni 2020. Dan pernah ditutup selama beberapa bulan karna pandemi Covid-19.

Curug kembar binuang kabupaten CIamis
Distinasi wisata Curug Kembar Binuang Kabupaten Ciamis. (FOKUSJabar/Fauza)

BACA JUGA: Tips Berlayar di Labuan Bajo Dengan Kapal Pinisi

“Mungkin karna udah lama ditutup, jadi Fasilitas disini pada ngga kerawat seperti jembatan banyak yang udah keropos, kami juga selalu mengingatkan untuk tetap berhati hati kepada para pengunjung,” katanya.

Selain menyuguhkan keindahan Curug Kembar, Wisata Curug Kembar Binuang juga menyediakan tempat untuk berswafoto yang sangat Instagramable.

Jika pengunjung hendak berswafoto pengunjung harus menaiki anak tangga yang terbuat dari bambu, Tentunya pengunjung harus tetap berhati hati. Pasalnya, banyak bambu yang sudah mulai keropos.

Tiket masuk Wisata Curug Kembar Banuang terbilang sangat ekonomis dengan merogoh kocek Rp 3.000, para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Curug Kembar, selain itu tersedia juga fasilitas seperti tempat parkir, gazebo, dan toilet di tempat wisata tersebut.

Lebih lanjut Asep menerangkan bahwa Wisata Curug Kembar Binuang dikelola oleh BUMDES dan dikembangkan oleh pariwisata Desa.

“Warga sekitar sini juga ikut berkontribusi, Gazebo dan tempat untuk foto foto itu dibangun dan dikelola oleh warga sekitar,” kata dia.

Sementara itu, Ipong salah satu pengunjung Wisata Curug Kembar Banuang mengatakan, dirinya tertarik datang ke tempat wisata tersebut karna rekomendasi dari teman temannya.

“Tempatnya sangat sejuk, cocok untuk bersantai sambil ngopi atau makan bareng sama keluarga,” katanya.

Dimasa AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) seluruh tempat wisata diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, hal tersebut pun diterapkan di Wisata Curug Kembar Banuang. Dimana terdapat tempat cuci tangan, dan thermogan untuk mengukur suhu badan.

Ayoo bagi traveler yang masih bingung nyari tempat wisata, berkunjunglah ke Curug Kembar Binuang. Dijamin tidak akan nyesel dan terpuaskan oleh keindahan Curug Kembar.

(Fauza/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

Curug Kembar Binuang Kabupaten Ciamis Tawarkan Sejuta Pesona Alam 1
Curug Kembar Binuang Kabupaten Ciamis Tawarkan Sejuta Pesona Alam 2