spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Liga Champions 2020; Data dan Fakta Barcelona Vs Juventus Dini Hari Nanti

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Barcelona dalam kondisi krisis pemain saat menjamu Juventus pada laga penutup babak penyisihan grup G Liga Champions 2020 di Stadion Camp Nou, Barcelona, Selasa (8/12/2020) waktu setempat atau Rabu (9/12/2020) dini hari mulai pukul 03.00 WIB. Sementara tim tamu, siap menambah luka yang dialami Blaugrana.

    Bek Gerard Piqué, Ansu Fati, Sergi Roberto dan Ousmane Dembélé, dipastikan tidak akan tampil pada big match tersebut akibat cedera. Pique dan Fati mengalami cedera lutut, sedangkan Roberto dan Dembele didera cedera hamstring.

    Pelatih Barcelona Ronald Koeman memiliki beberapa pilihan untuk menggantikan para pemain inti yang absen. Di lini belakang, Koeman punya pilihan Sergino Dest, Ronald Araujo, Clement Lenglet serta Samuel Umtiti untuk menggantikan Pique.

    Lalu di lini tengah, banyak pilihan yang dimiliki Koeman. Mulai dari mantan pemain Juventus Miralem Pjanic, Frenkie de Jong, Philippe Coutinho, Sergio Busquet, atau bahkan Pedri.

    “Pedri sudah tampil di empat laga pada Liga Champions, selain laga kontra Ferencváros. Di usia yang masih 17 tahun, ini kesempatan bagus buat dia dan dia layak mendapatkannya. Pedri bisa bermain di berbagai posisi dan dia pemain yang pintar,” kata Koeman seperti dilansir laman resmi UEFA.

    Barcelona siap mengamankan tiga poin saat menjamu Juventus pada matchday terakhir grup G Liga Champions. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Big Match Liga Champions Barcelona vs Juventus, Kembalinya Duel Messi-Ronaldo

    Sedangkan untuk sektor penyerangan, masih ada nama sang mega bintang Lionel Messi, Antoine Griezmann, serta Martin Braithwaite. Mereka diyakini bisa menggantikan Ansu Fati dan Dembele yang absen.

    Terkait perseteruan Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo, Koeman menyebutnya sebagai rivalitas yang luar biasa. Pasalnya, persaingan diantara kedua pemain ini tetap bertahan dalam 15 tahun terakhir ini.

    “Bagiku, mereka dua pemain terbaik di dunia. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda namun punya kemampuan mencetak gol, hattrick, hingga membawa kemenangan bagi tim. Tapi ini bukan tentang siapa yang terbaik karena keduanya sudah meraih banyak kemenangan, tapi siapa yang paling bisa menikmati pertandingan besok,” Koeman menuturkan.

    fokusjabar.id liga champions barcelona juventus
    Pertemuan pertama Barcelona dan Juventus pada matchday kedua grup B Liga Champions 2020. (FOTO: WEB)

    Menghadapi laga big match dini hari nanti, Koeman tetap mengincar kemenangan untuk mengamankan posisi puncak klasemen grup G. Kemenangan di pertemuan pertama pun menjadi modal yang cukup berharga untuk bisa memenangkan laga penutup dini hari nanti.

    “Target kami di setiap laga yakni bermain dengan baik dan berusaha meraih kemenangan. Kami ingin tampil sebagai juara grup, dan kami sudah punya keuntungan tiga poin. Kita berhasil menang 2-0 pada laga tandang dan sangat besar kemungkinan untuk menjuarai grup G,” kata dia.

    Hal senada diungkapkan gelandang serang Barcelona, Philippe Coutinho. Menjadi juara grup dan meraih kemenangan di laga penutup menjadi suatu hal yang penting meski pada laga sebelumnya di kompetisi La Liga dikalahkan tim promosi Cadiz 1-2.

    “Besok adalah laga yang luar biasa. Kami ingin menjadi juara grup dan kemenangan menjadi hal penting. Saat kita datang usai kekalahan, meski di kompetisi yang berbeda, namun kami masih punya hasrat untuk kembali ke lapangan dan membuktikan kekuatanmu,” kata Coutinho.

    fokusjabar.id liga champions barcelona juventus
    Pemain Juventus saat berlatih di Turin. (FOTO: UEFA.com)

    Sementara di kubu tim tamu, Bianconeri hanya kehilangan dua pemain yakni Demiral dan Chiellini yang mengalami cedera paha. Selebihnya, dalam kondisi fit dan siap tempur termasuk Cristiano Ronaldo serta penjaga gawang gaek Gianluigi Buffon.

    Meski demikian, sang pelatih Andrea Pirlo mengaku jika meraih kemenangan atas Barcelona di Camp Nou bukanlah hal yang mudah. Namun dirinya yakin bisa menyelesaikan babak penyisihan sebagai juara grup.

    “Kami harus yakin bisa mencetak tiga gol. Itu akan sulit karena ini pertandingan yang berat, tapi kami akan mengambil kesempatan untuk itu. Kita harus bermain tanpa beban, kami akan menghadapi laga ini dengan kepala tegak. Semua masih bisa terjadi,” kata Pirlo.

    fokusjabar.id liga champions barcelona juventus
    Pelatih Juventus Andrea Pirlo. (FOTO: UEFA.com)

    Kemenangan dan keluar sebagai juara grup, diakui Pirlo, akan menjadi motivasi ekstra bagi timnya menghadapi babak knock out. Baik untuk perkembangan pemain maupun kepercayaan diri mereka.

    “Keluar sebagai juara grup sangat penting, tapi apa yang nanti pemain tampilkan di lapangan menjadi yang paling penting. Ini laga yang sangat penting bagi perkembangan tim dan kepercayaan diri pemain. Kehadiran Buffon yang fit dan bisa bermain diharapkan bisa menambah kekuatan tim. Saya tidak melihat Barcelona dalam krisis pemain, mereka tim yang hebat,” Pirlo menegaskan.

    BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Harus Memenuhi Unsur Ini

    Bek Juventus Leonardo Bonucci pun mengakui hal yang sama. Liga Champions merupakan kompetisi yang diikuti tim-tim yang hebat dan laga menghadapi Barcelona akan menjadi laga yang berat.

    “Tapi kami yakin dengan kualitas yang kita miliki bisa ‘menyakiti’ Barcelona. Besok akan menjadi laga yang hebat dengan banyak ‘bumbu’. Hasil positif akan sangat membantu perkembangan tim,” kata Bonucci.

    Lima Fakta Jelang Laga Barcelona versus Juventus

    • Barcelona tidak pernah kalah dari Juventus di empat laga terakhir di Liga Champions (2 menang, 2 seri)
    • Terakhir kali Juventus meraih kemenangan di Camp Nou atas Barcelona di pentas Liga Champions pada April 2003 saat menang 2-1. Usai itu, Bianconeri tidak pernah menang di dua laga tandang berikutnya di Liga Champions menghadapi Blaugrana yakni seri 0-0 pada musim 2016/17 dan kalah 0-3 pada musim 2017/2018.
    • Juventus memenangkan sembilan laga dari 10 laga pada babak penyisihan grup di Liga Champions. Satu-satunya kekalahan di babak penyisihan grup yakni atas Barcelona dengan skor 0-2 pada matchday kedua Liga Champions musim 2020/2021.
    • Cristiano Ronaldo telah mencetak 15 goals dalam 20 penampilannya menghadapi Barcelona di semua kompetisi. Mencetak dua gol ke gawang Barcelona dalam tiga laga terakhirnya bersama Real Madrid.
    • Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah bertemu lima kali di Liga Champions. Messi unggul 3-0 atas Ronaldo dari sisi mencetak gol. Terakhir keduanya bertemu yakni di laga semi final pada Mei 2011 saat Barcelona melawan Real Madrid dan laga dini hari nanti menjadi laga pertama Ronaldo berbaju Juventus menghadapi Barcelona.
    fokusjabar.id liga champions barcelona juventus
    Matchday keenam Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus akan kembali mempertemukan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (FOTO: WEB)

    Lima Pertemuan Terakhir Barcelona vs Juventus di Liga Champions

    1. 28 Oktober 2020 : Juventus 0 – 2 FC Barcelona (Dembélé 14, Messi (p) 90+1) di Turin
    2. 22 November 2017 : Juventus 0 – 0 FC Barcelona di Turin
    3. 12 September 2017 : Barcelona 3 – 0 Juventus (Messi 45, 69, Rakitić 56) di Barcelona
    4. 19 April 2017 : Barcelona 0 – 0 Juventus di Barcelona
    5. 11 April 2017 : Juventus 3 – 0 FC Barcelona (Dybala 7, 22, Chiellini 55) di Turin

    Prediksi Pemain

    Barcelona (4-2-3-1)
    Pemain : Ter Stegen; Dest, Araújo, Lenglet, Alba; Busquets, De Jong; Messi, Coutinho, Pedri; Griezmann
    Pelatih: Ronald Koeman

    Juventus (3-4-1-2)
    Pemain : Buffon; Danilo, Bonucci, Alex Sandro; Cuadrado, Arthur, McKennie, Chiesa; Ramsey; Morata, Ronaldo
    Pelatih: Andre Pirlo

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img