spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Flyover Kopo Mulai Dibangun Tahun 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pembangunan flyover Kopo akan dimulai pada tahun 2021 mendatang. Proyek pembangunan flyover tersebut merupakan program strategis nasional (PSN) pemerintah pusat.

    Selain flyover Kopo, pembangunan flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan Jalan Laswi-Jalan Gatot Subroto yang dikelola provinsi Jabar ditarget selesai akhir tahun 2020.

    “Insya Allah, flyover Kopo kemarin sudah ada kesepakatan dari Kementerian. Mudah-mudahan tahun ini selesai. Kalau untuk flyover jalan Jakarta dan Jalan Laswi, tahun depan mulai pembangunan,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Gedung Dispusip Kota Bandung, Jabar, Kamis (3/12/2020).

    Untuk flyover Jalan Jakarta dan Jalan Laswi, kata Oded, pihaknya sudah melakukan rapat dengan Dishub dan Satlantas Polrestabes Bandung terkait rekayasa lalulintas di jalur tersebut. Menurutnya, hari ini akan ditentukan pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas.

    “Laporan dari Dishub ke Mang Oded, hari ini akan memprogres hasil dari rapat kemarin. Kan dibutuhkan rekayasa (jalan), itu sudah dibahas kemarin secara teknis dan hari ini diujicoba,” kata dia.

    BACA JUGA: Zona Merah Covid-19, Kota Bandung Tertutup bagi Wisatawan

    Lebih lanjut Oded mengatakan, pembangunan flyover atau lintas atas di Jalan Kopo Bandung sedang memasuki proses tahap lelang. Proyek yang dipegang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masuk dalam program strategis nasional (PSN) pemerintah pusat.

    Oded menjelaskan, pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp42 triliyun untuk kegiatan PSN tersebut. Salah satu program yang dikerjakan yakni proyek lintas atas dengan total nilai anggaran Rp800 milyar.

    “Kalau nggak salah, ini PSN yang jumlahnya Rp42 trilyun. Salah satunya flyover sekitar Rp800 milyar, saya lihat DPA-nya. Mudah-mudahan ini terlaksana,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img