spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    5 Mitos Penggunaan Teknologi

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Teknologi sangat berkembang pesat dari masa ke masa, saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah mulai merasakan manfaat dari teknologi.

    Dengan adanya teknologi segala sesuatu yang kita lakukan akan terasa lebih mudah, namun sangat disayangkan penggunaan teknologi tidak diimbangi dengan pengetahuan seputar teknologi itu sendiri. Banyak informasi yang tidak benar terkait penggunaan teknologi yang mudah dipercaya oleh masyarakat.

    Baca Juga: 5 Tips Rahasia Kinemaster untuk Pemula

    Selama ini banyak orang yang keliru mengenai seputar fakta tentang teknologi dan masih mempercayai mitos terkait teknologi yang sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakat.

    Mitos mitos yang beredar seputar teknologi.

    1. Charge handphone semaleman dapat merusak baterai ponsel.

    teknologi 1 fokusjabar.id
    Ilustrasi (Web)

    Banyak mitos yang beredar jika mengisi daya baterai di ponsel selama semalam penuh dapat merusak ponsel. Hal tersebut sangat tidak benar, karena saat ini kebanyakan smartphone telah dilengkapi dengan alat canggih dan cerdas untuk mencegah pengisian baterai berlebih. Faktanya baterai pada smartphone akan rusak karena baterai memiliki masa bertahan atau siklus waktu pemakaian tertentu.

    Biasanya baterai ponsel yang terindikasi mengalami kerusakan akan lebih cepat menguras daya, hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel.

    2. Sinar X di bandara dapat merusak file pada laptop dan smartphone

    teknologi 1 fokusjabar.id
    Ilustrasi (Web)

    Sinar X yang sering kita jumpai di bandara dapat mendeteksi benda-benda yang berada di dalam tas atau koper, banyak informasi yang beredar jika paparan radiasi pada  sinar X dapat merusak file yang berada di laptop dan smartphone.

    Hal tersebut merupakan mitos dan informasi yang tidak benar, Sinar X memiliki energi elektromagnetik tetapi sinar X tidak memiliki muatan magnetis. Perangkat pintar seperti laptop dan smartphone tidak memiliki bagian sensitif terhadap sinar x.

    3. Semakin tinggi megapixel semakin bagus hasil foto.

    teknologi 1 fokusjabar.id
    Ilustrasi (Web)

    Faktanya megapixel pada kamera tidak selalu menghasilkan gambar yang lebih baik, fungsi megapixel pada kamera memang untuk mempermudah cahaya masuk terhadap sensor kamera dan hal tersebut dapat menghasilkan warna yang lebih banyak terhadap kamera.

    Namun kamera yang memiliki megapixel lebih besar terhadap ruang terbatas, sensor pada kamera sering kali memiliki efek sebaliknya, banyak sekali produsen kamera yang lebih mementingkan besarnya megapixel pada kamera karna hal tersebut merupakan teknik pemasaran yang dipakai oleh setiap produsen kamera.

    4. Mematikan komputer dimalam hari

    teknologi 1 fokusjabar.id
    Ilustrasi (Web)

    Mungkin hal tersebut hanya berlaku terhadap komputer yang menggunakan piranti lama, karna komputer yang panas akan berbahaya jika dihidupkan terus menerus dan bisa merusak hard drive-nya.

    Hal tersebut tidak berlaku pada komputer yang diproduksi di era modern seperti sekarang ini, karna komputer di era modern sudah dibekali dengan teknologi yang dapat akan membuat hard drive tersebut bertahan cukup lama.

    Faktanya komputer di era modern  merupakan perangkat yang jauh lebih diandalkan oleh penggunanya, misal disaat mendownload file yang cukup besar pastinya memakan waktu yang cukup lama dan akan lebih baik jika komputer selalu dinyalakan, dan mengaktifkan mode tidur selagi tidak dipakai.

    5. Komputer dengan operasi Mac tidak akan terkena virus.

    teknologi 1 fokusjabar.id
    Ilustrasi (Web)

    Mitos tersebut mulai beredar pada saat pasar komputer mulai berkembang dimana konsumen masih dalam masa pertumbuhan dan penggunaan komputer dengan operasi Mac masih terbilang sedikit dibanding dengan komputer berbasis windows. Faktanya apapun sistem operasi yang digunakan tidak akan lepas dari Virus dan Malware.

    Nah, itulah mitos-mitos seputar teknologi yang wajib diketahui berikut dengan faktanya.

    (Fauza/Erwin : Berbagai Sumber)  

    Berita Terbaru

    spot_img