Selasa 26 Januari 2021

Pandemi Covid-19, Motor Klasik Jadi Peluang Usaha

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bisnis jual beli Motor Klasik menjadi salah satu opsi penguat ekonomi di masa pendemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Warga Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis Jawa barat (Jabar) Jeje mengatakan, saat ini banyak motor klasik yang direstorasi secara original seperti bentuk aslinya. Selain dijual juga dijadikan koleksi.

“Motor klasik (tua) sudah berkarat yang tadinya disimpan di gudang, saat ini banyak diperbaiki kembali untuk dijadikan investasi,” kata dia.

Jeje menuturkan, ibaratnya, meskipun bekas, motor klasik memiliki banyak kenangan. Untuk sebagian orang, jenis motor tertentu mempunyai nilai sejarah masing-masing.

BACA JUGA: Berikut 10 Helm Motor Terbaik di Tahun 2020

Jeje menerangkan, jenis motor yang bisa menjadi investasi keluaran tahun 1990. Pada periode itu teknologi produksi sudah mulai masuk pada era canggih dibandingkan tahun 1980 an.

“Sepeda motor dari tahun 1990 juga memiliki desain yang bagus. Jika dirawat dengan baik dan terjaga Orsinilnya, banyak kolektor siap membayar dengan harga tinggi,” ucapnya.

Jeje menambahkan, daftar harga motor bekas kelasik yang saat ini sedang bagus dipasaran dan banyak dicari ialah :

1.Motor bekas kelasik Honda Astre Gren yang harganya dibandrol Rp 3 jutaan bila kondisi motor benar-benar terjaga keorsinilanya, bahkan harga bisa lebih.

2. Yamaha TZM 2 Tak150, Motor yang memakai system karburasi mikuni VM30SS power jet nozzle. Merupakan teknologi paling mutakhir dimasanya.

Motor ini memiliki kisaran harga Rp 24 juta hingga Rp 40 juta. Tergantung dengan kondisi.

4. Motor Win 100 ,motor tersebut mempunyai daya tarik yang unik dan diminati konsumen. Harganyapun bisa mencapai Rp 15 juta bahkan bisa lebih, asalkan kondisinya benar-benar baik.

5. Vespa Px -150 Cc harganya tinggi apalagi saat ini banyak anak muda yang menggunakan motor vespa. harganya bisa di atas Rp 90 juta hingga Rp 100 juta untuk vespa yang keluaran tahun 1975, karna jumlahnya terbatas.

6. Rx-King 135 Cc. Motor klasik yang identik dengan sebutan motor jambret ataupun jet darat, ternyata masih banyak peminatnya. Di ciamis bahkan di Indonesia. Motor tersebut pernah menghebohkan pasar karna harganya bisa mencapai Rp. 150 juta

Beberapa bulan lalu motor 2tak Rx-king benar-benar menghebohkan dan jadi perbincangan dimasarakat, Karena harganya bisa lebih dari Rp 150 juta dengan kondisi 0 km dan terjaga keoriginalannya.

Jeje mengaku, Saking langkanya Motor keluaran ditahun 90 saat ini banyak dikoleksi. Bahkan ada yang di jadikan tabungan sampai harga motor tersebut benar-benar tinggi dan banyak ducari.

“Ya, usaha jual beli motor bekas ini bisa jadi solusi dimasa pendemi. Ketika ekonomi sulit. Proses jual beli dan transaksi bisa dilakukan tanpa melanggar protokol kesehatan, tidak melibatkan kerumunan,” kata Jeje.

(Riza M Irfansyah/Bambang)

Artikel Lainnya

Pandemi Covid-19, Motor Klasik Jadi Peluang Usaha 1
Pandemi Covid-19, Motor Klasik Jadi Peluang Usaha 2