Senin 18 Januari 2021

5 Keutamaan Surah Al-Falaq

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Surah Al-Falaq merupakan surah ke 113 di dalam Al-Qur’an yang memiliki arti waktu subuh. Surah ini tergolong surah Makkiyah (diturunkan di kota Makkah) dan hanya terdiri dari lima ayat.

Surah Al-Falaq juga disebut surah muawwidzatain yang bersanding dengan Surah An-Nas. Rasululah saw sangat menganjurkan umatnya untuk membaca surah ini setelah salat karena surah ini juga mengandung unsur doa.

Adapun keutamaan Surah Al-Falaq adalah sebagai berikut:

  1. Surah agung yang diturunkan di malam hari dan tidak ada yang menyerupainya

Dari Uqbah bin Amir ia bercerita, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan malam ini? Tidak ada yang semisal dengannya, yakni “Qul a’udzu birabbin nas (An-Nas) dan Qul a’udzu birabbil falaq (Al-Falaq).” (HR. Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan An-Nasa’i).

  1. Dapat menjaga seseorang dari bahaya saat tidur

FOKUSJabar.id Surah Al-Falaq
Ilustrasi ( Web )

Diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwasannya Nabi Muhammad saw jika hendak menuju tempat tidurnya setiap malam, maka beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya sambil membaca surah Al-Ikhlas, surah al falaq dan An-Nas,.

lalu beliau mengusapkan kedua tangannya kepada tubuhnya yang dapat beliau jangkau, yakni dimulai dari atas kepala dan wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali. ” (HR. Al-Bukhari).

BACA JUGA: Manfaat Surat Al-Fatihah untuk Ruhani

  1. Sangat tepat digunakan untuk meminta perlindungan kepada Allah ta’ala

Berbagai marabahaya dapat datang kepada kita sewaktu-waktu. Dengan Surah Al-Falaq inilah Rasululah saw mengajarkan kepada kita untuk selalu memohon perlindungan kepada-Nya.

Dari Abi Abdillah bin Abis Al-Juhani, Rasululah saw bersabda, “Wahai Ibnu Abis, maukah engkau aku tunjukkan (maukah engkau aku kabarkan) paling afdhalnya sesuatu yang orang-orang bisa meminta perlindungan dengannya?”

Ibnu Abis menjawab, “Mau wahai Rasulullah.” Beliau kemudian bersabda, “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas.” Dua surah ini.”

  1. Melindungi diri dari sihir

FOKUSJabar.id Surah Al-Falaq
Ilustrasi ( Web )

Dalam kitab Dala’il An-Nubuwah, karya Imam Baihaqi, Rasululah saw pernah mendapati sihir yang diletakkan di dekat sumur rumahnya di mana pengirim sihir itu adalah seorang Yahudi bernama Lubaid bin Al-A’sham.

Sihir-sihir yang dituliskan di kertas itu kemudian dibakar oleh Rasululah saw sembari dibacakan Surah An-Nas dan Surah Al-Falaq. Setidaknya, ada sebelas simpul sihir yang dibakar Rasululah saw menggunakan bacaan firman Allah itu, dilansir dari akurat.id

  1. Surah yang hanya ada di dalam Al-Qur’an

Maksudnya, Surah Al-Falaq tidak diturunkan dalam kitab Allah lainnya seperti Zabur, Taurat, dan Injil.

Dari Uqbah bin Amir dikatakan, “Surah-surah yang tidak diturunkan di dalam Taurat, Zabur, dan tidak pula di dalam Al-Qur’an yang mirip seperti surah-surah tersebut.

Tidaklah malam menghampirimu kecuali engkau membaca surah-surah itu di dalamnya, yakni “Qul huwallahu ahad, qul a’udzu birabbil falaq dan qul a’udzu birabbin nas. ” (HR. Ahmad)

Wallahu a’lam. []

(Nendy)

Artikel Lainnya

5 Keutamaan Surah Al-Falaq 1
5 Keutamaan Surah Al-Falaq 2