spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Kota Bandung 90 Persen Terisi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit di Kota Bandung sudah mencapai 90 persen.

    Selain itu, positivity rate atau transmisi kecepatan penyebaran Covid-19 mengalami kenaikan signifikan mencapai 21,53 persen.

    “Positivity rate dihadapkan tempat tidur di angka 90,37 persen, dari 789 tempat tidur terisi 730 unit sisanya waiting list, jadi ini masuk ke situasi yang cukup darurat,” kata Ema.

    BACA JUGA: Di Masa Pandemi, Warga Ciamis Diberikan Keringanan Pajak

    Ema mengatakan, untuk ruang isolasi bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) pada dua hotel yang telah disiapkan pemerintah pun sudah penuh. Menurutnya, kasus positif covid-19 aktif harian kini berjumlah puluhan.

    “Kami merasa khawatir dulu angka (positif) 132 sekarang 484, karena lompatan kasus harian puluhan 50, 60 makanya terjadi percepatan makanya positivity rate tinggi,” ungkapnya.

    Ema meminta, para pelaku usaha  yang direlaksasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti kapasitas pengunjung yang hanya boleh 50 persen dan jam oprasional yang sudah ditentukan.

    “Jangan cari alasan lain, kondisi pandemi meningkat, rekomendasi (kasus meningkat) revisi perwal, dibatasi operasional dan yang melanggar dicabut izin operasional,” jelasnya.

    Tak hanya itu, pihaknya juga meminta  agar masyarakat yang keluar rumah dan beraktivitas di lingkungan sekitar tetap memakai masker.

    “Saya khawatir secara psikologi bisa chaos kepanikan karena yang terpapar gak bisa masuk ke rumah sakit karena penuh makanya saya minta disiplin,”ucap Ema.

    Selain itu, status zona Kota Bandung masih oranye namun angka level kewaspadaan berada pada 1,83 hendak menyentuh 1,80.

    “Zona masih oranye tapi di bibir jurang kita angka 1,83,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img