spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Waspada Zona Merah, Salah Siapa?

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Indeks kewaspadaan Kota Bandung berada di angka 1,80. Hal itu mengakibatkan Kota Bandung memasuki level kewaspadaan zona merah penyebaran Covid-19.

    Data tersebut merujuk kepada tolak ukur yang ditentukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

    “Parameter yang lazim digunakan di kita, adalah estimasi reproduksi virus masih di bawah satu. Tapi berdasarkan parameter Pemprov Jabar, indek kita sudah di bawah 1,80 masuk lagi ke zona merah,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Jabar Senin (23/11/2020).

    Menurutnya, salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya angka kasus Covid-19 di Kota Bandung adalah menurunnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Keterisian tempat tidur di rumah sakit pun menjadi kekhawatiran.

    BACA JUGA: Front Pembela Bangsa Tolak Kedatangan Rizieq Shihab di Bandung

    “Tingkat hunian tempat tidur di Kota Bandung sudah di atas angka 60 persen, sudah di angka 86 persen. Di atas 60 persen pun sebenarnya sudah agak mengkhawatirkan,” Kata Yana.

    Yana juga mengatakan, untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Pemkot Bandung tidak akan menambah kebijakan relaksasi baru di berbagai sektor.

    “Penyebaran lebih karena banyak kerumunan. Jadi pengawasan yang kita ketatkan, dan kita tidak akan menambah yah, untuk kebijakan relaksasi baru kita nilai sudah cukup,” kata dia.

    Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, bahwa Kota Bandung saat ini masih berstatus zona oranye belum masuk ke status zona merah.

    “Masih oranye status Kota Bandung. Kita belum mengetahui data yang digunakan. Tetapi saya akan segera berkoordinasi dengan pak Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana,” kata Ema.

    Hal senada, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita bahwa status Kota Bandung masih oranye dengan total skor risiko 1,83. Sehingga dia tegaskan Kota Bandung masih zona oranye.

    “Minggu ini masih zona oranye dengan total skor risiko 1,83. Jadi Kota Bandung masih zona oranye,” kata Rita.

    (Yusuf Mugni/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img