Senin 30 November 2020

Wisata Cireong Park Suguhkan Keasrian Alam Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Wana Wisata Cireong Park kini menjadi salahsatu opsi tujuan rekreasi warga Ciamis. Panorama alam dan udara sejuk menjadi faktor utama penarik pengunjung untuk  menyegarkan diri.

Cireong Park merupakan wisata air yang menyajikan aliran air sungai yang asri. Dari tahun ke tahun wisata ini terus ditata dan dikembangkan. Dari hanya pemandian sungai sekarang terdapat dua kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, tentunya semakin menarik minat pengunjung.

Berlokasi di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis bisa ditempuh sekitar 25 menit dari pusat kota Ciamis. Tidak terlalu jauh dari jalur jalan raya Ciamis – Tasik.

Fasilitas di Cireong dinilai Cukup lengkap. Diantaranya tersedia lahan parkir, mushola, ruang ganti/bilas dan tersedia warung wisata.

BACA JUGA: DPRD Ciamis Minta Panitia Pilkades Terapkan Prokes Ketat

Selain berenang pengunjung juga bisa bernyanyi dan berfotoria di wana wisata Cireong. Terdapat fasilitas penunjang tempat karaoke dan area Selfi.

Pengelola wana Wisata Cireong Kris mengatakan, fasilitas merupakan prioritas yang diutamakan untuk menarik minat pengunjung.

FOKUSJabar.id Wisata Cireong Park
Wisata Cireong Park. ( FOKUSJabar/Riza M Irfansayah ).

“Disini kami lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung dengan cara memperbanyak fasilitas, tentunya pengunjung akan semakin nyaman dengan banyaknya fasilitas,” kata Kris, Jumat (20/11/2020)

Kris mengatakan, system pengelolaan wisata ini dikelola secara pribadi dan bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

“Untuk tanahnya milik pribadi dari orang sini, sedangkan untuk bangunannya saya yang bangun dan kembangkan, saya juga bekerja sama dengan penduduk sekitar untuk mengembangkan tempat wisata ini,” kata dia.

Kris menuturkan, tiket masuk dan lahan parkir yang terdapat di pintu masuk dikelola oleh masyarakat sekitar sedangkan tiket berenang, WiFi, karaoke, kuliner dan fasilitas lainnya dikelola oleh pribadi.

“Kan di depan ada pos itu milik masyarakat sekitar, kalau udah masuk ke dalam untuk sekedar melihat lihat atau fotomah ga bayar lagi, kecuali kalau mau berenang atau makan,” tambahnya.

Untuk tiket masuk wana wisata Cireong, hanya perlu membayar Rp 5 ribu Rupiah. Sedangkan untuk mencoba wahana air sungai dan kolam renang Wisatawan harus mengeluarkan biaya Rp 5 ribu. Untuk pemandian sungai Rp 10 ribu, untuk pemandian kolam renang. tiket parkir wana wisata Cireong untuk mobil Rp. 5 ribu, Motor Rp 2 ribu. Adapun tarif Fasilitas penunjang seperti WiFi Rp 5 ribu, perjam sedangkan karaoke Rp. 5 ribu per satu lagu.

Management Fasilitasi Protokol Kesehatan

Dimasa pendemi Covid 19, protokol kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan di tempat Wisata. Penerapan prokes 3M diberlakukan demi membantu pemerintah mencegah penyebaran pandemi Covid 19.

“Di depan pintu masuk tersedia tempat cuci tangan, terus di depan pintu masuk kolam renang juga kami sediakan tempat cuci tangan, selain harus memakai masker para wisatawan juga kami cek terlebih dahulu suhu tubuhnya sebelum masuk ke sini,” kata Kris.

Salah satu pengunjung Imam mengaku, Wisata Cireong sangat berkembang pesat dan banyak mengalami perubahan dari segi wahana dan fasilitas.

“Dulu pas tahun 2017 saya pernah Dateng kesini waktu itu cuma ada pemandian air sungai doang bayarnya juga masih Rp 2 ribu. Fasilitasnya juga belum lengkap seperti sekarang, ga nyangka sih bisa berkembang sampai seperti ini,” kata Imam.

(Riza M Irfansyah/Agung )

Artikel Lainnya

Di Masa Pandemi, Warga Ciamis Diberikan Keringanan Pajak

CIAMIS, FOKUSJabar. Id: Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten...

Kisah Pilu Penjual Masker di Tasikmalaya

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Penjual Masker di Tasikmalaya umumnya pedagang musiman yang memanfaatkan momentum kebutuhan masyarakat terhadap alat perlindungan diri di tengah pandemi Corona. Semenjak virus asal Wuhan...

Duh, Kasus HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya Memprihatinkan

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Jumlah penderita positif HIV/AIDS di Kota Tasikmalaya terus meningkat. Kondisi memprihatinkan ini menjadi peringatan bagi Pemerintah Kota (Pekmkot) Tasikmalaya menjelang Hari AIDS Dunia...

Bek Persib Suka Liga Inggris

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo, menilai Liga Primer Inggris hingga saat ini masih menjadi kompetisi terbaik di dunia. Meski begitu, menurut pemain naturalisasi...

5 Aplikasi Editing Video Terbaik Untuk Pengguna Smartphone

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Mau jago editing video ala youtuber? Di android dan iPhone sudah tersedia banyak aplikasi editing Video yang bisa didownload secara gratis di...

KPK Gali Soal Pembentukan Tim Gabungan Pilkada Kota Banjar Tahun 2013

BANJAR,FOKUSJabar.id: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menggali keterangan dari para saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPRPKP...

Harga Daging Ayam Meroket di Pasar Manis, Ini Kata Dinas Terkait

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tingginya harga daging ayam broiler di Pasar Manis Ciamis Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jabar, diduga karena permainan bandar besar atau pengepul. Hal tersebut diungkapkan Kepala...