spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Hadirkan Blu-e, Dishub Kota Bandung Cegah Pemalsuan Buku Uji KIR

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, kehadiran Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e) akan mempermudah dalam pelayanan dan pengawasan.

    Berdasarkan evaluasi yang dilakukan Dishub Kota Bandung, kata Ricky, banyak temuan adanya pemalsuan buku uji KIR manual. Selain itu, pelayanan uji Kir pun dinilai tidak efektif.

    “Ada temuan, calo, pemalsuan dan lain-lain. Jadi ini akan lebih baik, petugas tidak bersentuhan dengan uang fisik dan konsumen langsung. Ini dilakukan online,” kata Dicky di Kantor Dishub SOR GBLA Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jabar, Kamis (5/11/2020).

    BACA JUGA: Cegah Penyebaran Covid-19, KAI Daop 2 Berikan Penyuluhan Hidup Sehat

    Ricky mengungkapkan, kehadiran BLU-e merupakan upaya Dishub Kota Bandung menerapkan misi Pemerintah Kota Bandung. Yakni menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, dan melayani.

    “Baik secara aplikasi pendaftaran, sistem pelayanan, hingga sistem pembayaran. Ini sebagai bentuk reformasi birokrasi dari Mang Oded dan Pak Yana,” kata Ricky.

    Lebih lanjut Ricky mengatakan, BLU-e akan membuat sistem pengawasan mudah dan efektif. Pasalnya, pengecekan keaslian dari kendaraan hanya dilakukan dengan menggunakan media elektronik.

    “Kita akan punya data base secara nasional dan dengan QR code kita bisa deteksi asli atau palsunya,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img