spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Bantaran Sungai Citarum dibuat Taman Tangguh Bambu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bantaran sungai Citarum di sektor 8 di desa Mekar Rahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, Jabar dibangun taman Tangguh Bambu untuk melindungi sungai Citarum.

    Taman Tangguh Bambu yang dibangun oleh Bambu Juara Bambu Jawa Barat (Baju Baja) yang bekerjasama dengan PT PLN ditanam sebanyak 360 pohon bambu dengan delapan spesies.

    Ketua Progam Baju Baja Oki Hikmawan mengatakan, ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan PT PLN yang bertujuan untuk konservasi jenis bambu langka yang di tanam ditaman tersebut, kemudian dalam taman tersebut juga dibuat ornamen bambu untuk mempercantik taman Tangguh Bambu tesebut.

    BACA JUGA: Memasuki Musim Penghujan, Sungai Citarum akan Dihijaukan

    “Selain itu juga kami menanam bibit kopi di sepanjang tepi sungai Citarum sektor 8. Disamping ada dua jenis bambu langka yang kita akan kembangkan yaitu bambu Haur Koneng dan Bambu Nagin,” kata saat dihubungi Jumat (30/10/2020).

    Sejumlah bibit yang ditanam di taman Taguh Bambu tersebut kata Oki, merupakan pembibitan dari kelompok Baju Baja Mekar Rayahu.

    “Sebelumnya kami telah melakukan pelatihan untuk penanam bambu dan kita langsung pratikan sekarang di taman Tangguh Bambu,” kata Oki.

    Oki menjelaskan, selain konservasi penananman bambu, taman tersebut juga sebagai wahana eduksi untuk masyarakat berkaitan dengan ilmu yang harus diketahui dari bambu Jawa Barat.

    “Bambu ini juga sangat berperan untuk perlindungan hutan serta sungai Citarum,” katanya.

    Senior Manager Kontruksi PT PLN UIT-JBT Budi Santoso mengatakan, pembuatan taman Tangguh Bambu juga bagian dari menjaga jalur transmisi dan listrik Jabar juara.

    “Selain itu juga agar terjalin kesinambungan antara masyarakat dan BUMN tersebut melalui pengembangan kearifan lokal bersama Baju Baja,” katanya.

    Bukan hanya itu Lanjut Budi, pengembangan tahap kedua adalah penambahan kwalitas dan infrastruktur taman agar menjadi lahan wisata bagi masyarakat sekitar di bulanJanuari 2021. Adapun kegiatan-kegiatan yang mengedepankan peran aktif masyarakat dengan melibatkan Bambu juara bambu jawa barat sebagai jembatannya.

    “Semoga Potensi pemanfaatan bambu di Kabupaten Bandung dapat terus ditingkatkan kwalitasnya,” kata Budi. 

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img