spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Rumah Deret Tamansari Kota Bandung Tahap 1 Selesai 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pembangunan tahap satu rumah deret Tamansari, Kota Bandung telah berjalan sejak akhir September lalu. Di fase pertama itu, meliputi pondasi dan sebagian struktur bangunan yang ditargetkan selesai pada Februari 2021 mendatang.

    Kepala Bidang Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Nunun Yanuati mengatakan, pembangunan rumah deret Tamansari akan mendahulukan pembangunan masjid.

    “Kita sedang melaksanakan pembangunan tahap satu. Baru pondasi dan sebagian struktur yang dibangun,” kata Nunun di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung Jabar Selasa (20/10/2020).

    BACA JUGA: Pembangunan Rumah Deret Tamansari Kota Bandung Molor

    rumah deret tamansari
    Pembangunan rumah Tamansari Kota Bandung, Jabar. (FOKUSJabar/Yusuf Mugni)

    Nunun mengatakan, anggaran yang disiapkan dalam pembangunan tahap satu sebesar Rp 23 miliar.  Dana itu terdiri dari Rp 13 miliar yang telah digunakan, dan Rp 10 miliar yang disiapkan untuk proses pembangunan.

    “Secara keseluruhan target, kalau dana ada di 2021, selesai pondasi dan struktur bisa langsung mengerjakan, sebanyak 198 rumah deret akan dibangun di lokasi tersebut,” katanya.

    Lebih lanjut Nunun mengatakan, adapun kendala yang dihadapi adalah anggaran pembangunan terkena rasionalisasi untuk penanganan Covid-19. Karena itu, pihaknya menyesuaikan target dengan anggaran yang tersedia untuk pembangunan.

    “Tadi ada beberapa hal tidak sesuai rencana, pondasi dan struktur sesuai rekomendasi ada beberapa perubahan desain mengikuti kontur tanah dan ada permasalahan biaya karena Covid-19 dan ada kendala sosial, ada warga yang masih bertahan, yang sepakat dari 198 KK sisanya hanya 13 KK yang masih bertahan lainnya sudah setuju,” kata dia.

    Selain itu, terkait dokumen izin mendirikan bangunan (IMB), dia menyebut, dokumen IMB telah keluar pada 12 September lalu. Sedangkan sertifikat tanah masih proses pengerjaan di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

    Terlepas itu, pihaknya meminta bantuan Satpol PP untuk menertibkan tiga bangunan semi permanen yang berdiri di lahan proyek pembangunan rumah deret. Dia pun mengatakan, apabila lancar sesuai rencana maka pembangunan rumah deret dapat selesai sesuai target.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img