spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ditengah Pandemi, Pembudidaya Ikan Hias Guppy Jadi Milyader

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pembudidaya ikan hias Guppy banjir orderan di tengah merosotnya sektor ekonomi berbagai bidang lainnya akibat pendemi Covid-19.

    Salah satunya pembudidaya ikan hias asal kota Bandung Guppy Riyan Hidayat mengaku, berhasil bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah dalam satu bulan ketika pandemi Covid-19.

    Dirinya tidak menyangka hobinya justru mendapatkan rezeki di masa pandemi Covid-19. Dalam satu bulan berhasil mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah. Bahkan ribuan ikan yang dirinya pelihara laku terjual ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negri.

    BACA JUGA: Tips Bisnis Ikan Cupang, Mudah Dengan Omzet Jutaan

    “Ada 25 jenis dari kisaran harga Rp. 50 ribu sampai Rp.1 juta sepasang. Sebelum pandemi dalam sehari saya dapat Rp. 200-300 ribu. Kalau di masa pandemi ini saya bisa meraup paling besar mencapai Rp. 2,5 sampai 4,5 juta dalam satu hari bahkan sudah pernah terjual ke luar negri kalau di Indonesia sering,” kata Rian saat ditemui di Jalan Cijaura Kecamatan Buah Batu Kota Bandung Jabar Senin (19/10/2020).

    ikan hias Guppy
    Ikan hias Guppy. (FOKUSJabar/Yusuf Mugni)

    Menurutnya, di masa pandemi ini minat pembeli semakin banyak, bahkan penjualan ikan guppy meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya.

    “Sebelum pandemi itu jauh sekali, di masa pandemi ini saya bisa dapat 3 kali lipat dalam sehari. Biasanya paling anak kuliahan yang beli, tapi pas pandemi itu anak sekolahan sampai bapak-bapak juga banyak,” kata Rian.

    Rian mengaku memilih membudidayakan ikan hias guppy lantaran mudah untuk dikembangkan. Sebab kata dia, dari satu ekor induk ikan Guppy bisa menghasilkan ratusan anak guppy yang bisa dijual dengan harga Bervariatif.

    “Kalau misalkan indukanya masih hidup bakal terus beranak, misalkan anaknya ke jual tapi induknya belum mati otomatis yang anak ini selanjutnya sudah menjadi untung yang berlipat-lipat buat saya,” katanya dia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img