Selasa 20 Oktober 2020

Bioskop di Kota Bandung Kembali dibuka, Dinkes Khawatir

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bioskop di kota Bandung kembali dibuka beberapa waktu lalu, hal tersebut dikhawatirkan terhadap penyebaran Covid-19 kepada penonton, karena kondisi ruangan yang tertutup sehingga sirkulasi udara tidak keluar ruangan.

“Sebetulnya kalau dari faktor kesehatan dengan kondisi ruangan bioskop seperti apa, memang sebenarnya agak riskan, karena memang tidak ada udara yang terbuka,” Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Veritadi Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Selasa (13/10/2020).

Rita mengatakan, pembukaan bioskop di masa pandemi Covid-19 bukan rekomendasi dari Dinkes. Menurutnya, syarat pembukaan sektor usaha bukan berasal dari rekomendasi namun mengacu kepada simulasi protokol kesehatan yang dilaksanakan.

“Pembukaan bioskop ini bukan rekomendasi dari dinkes. Memang untuk pelaksanaan sesuatu bukan rekomendasi yang dibutuhkan, tetapi simulasi. Dilakukan dulu simulasi, oh seperti ini, ok ini bisa. Semua dinas juga tidak memberikan rekomendasi tapi simulasi kita lihat langsung,” katanya.

Lebih lanjut Rita mengatakan, pembukaan bioskop mengacu kepada kondisi Kota Bandung yang sudah membaik di masa pandemi Covid-19  pada bulan kemarin. Namun menurutnya, terdapat hal-hal teknis yang harus dipenuhi pengelola sehingga baru dapat terealisasi saat ini.

Pihaknya mengaku, tidak memaksa masyarakat untuk menonton bioskop. Namun, kata dia, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan  dengan ketat dan baik.

BACA JUGA: Wali Kota Bandung Ancam Tutup Bioskop Pelanggar Protokol Kesehatan

“Saya tidak bisa memaksa atuh ya, tentunya warga juga harus tahu sendiri apakah ini aman tidak untuk yang bersangkutan begitu dengan minimal dua jam berada di ruangan itu. Pokoknya betul-betul harus ketat itu protokol kesehatannya,” katanya.

Selain itu, terkait menonton bioskop dapat meningkatkan imun, menurutnya, kebahagian untuk meningkatkan imun dapat diperoleh dari mana saja seperti berpikir positif, berolahraga termasuk salah satunya menonton di bioskop. Jika stres yang dialami terlalu dipendam maka akan berpengaruh kepada psikologi.

“Kalau stres kan pasti sedih, jadi pikiran, kan gitu ya, semangat juga agak berkurang jadi daya imunnya menurun. Kalau kebetulan ada virus yang menyerang, kalau daya imun kita menurun bisa saja terserang,” katanya.

(Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

OPPO Reno4 F Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: OPPO Reno4 F telah resmi dirilis dipasar Indonesia....

Mengenal 5 Kategori jenis Asuransi Kesehatan Yang Beredar Di Indonesia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebutuhan akan biaya kesehatan yang semakin membukit kian membuka mata warga Indonesia akan penggunaan asuransi. Meski terbagi dalam berbagai macam jenis, ternyata tidak...

Fasilitas Publik di Kota Bandung Dirusak, Kerugian Capai Rp 200 Juta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Seksi Pemeliharaan Taman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Jabar, Yuli Ekadianti mengatakan, kerugian akibat rusaknya Fasilitas...

Mengingat Janji Jokowi-Ma’ruf Amin Setahun Kemarin, Terpenuhi?

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah setahun memimpin Indonesia. Namun, apakah janji mereka ketika kampanye terealisasi? Melansir Detik, seperti diketahui...

Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya, Lokasi Favorit Ziarah di Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Mbah Dalem Jangpati Jangbaya dan Ratu Pusaka Syarif Hidayatulloh kerap menjadi kunjungan para peziarah untuk berdoa kepada Alloh SWT agar mengabulkan hajatnya....

Google Duo Punya Fitur Terbaru, Ini Bocorannya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Google Duo hadirkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi layar. Fitur ini pun bisa digunakan untuk membuka dan menjalankan aplikasi lain saat...

UPI Berharap Perkuliahan Luring Bisa Digelar Tahun Depan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berharap wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia segera berakhir. Hal ini seiring berbagai kegiatan akademik yang masih digelar secara...