spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Batal Pensiun, Valentino Rossi Akan Bela Tim Satelit di MotoGP 2021

    SPANYOL,FOKUSJabar.id: Kharisma seorang Valentino Rossi nampaknya masih belum pudar di kancah balapan MotoGP meski performanya di musim ini tidak terlalu bagus. Sempat menyatakan pensiun di musim balapan MotoGP tahun 2021, ternyata jasa The Doctors masih dibutuhkan tim peserta balapan motor terakbar di dunia ini.

    Ya, Valentino Rossi akhirnya menunda pensiunnya dan tetap balapan di MotoGP 2021. Di musim depan, pebalap yang identik dengan nomor 46 ini akan tetap bersama Yamaha Motor Racing (YMR) meski bergabung bersama tim satelit yakni Petronas Yamaha SRT.

    Proses negosiasi pun berjalan alot dan cukup rumit selama berbulan-bulan karena begitu banyak detail yang harus disepakati Rossi, Yamaha, dan SRT. Akhirnya, YMR berhasil membujuk VR46 untuk tetap membalap di musim 2021 bersama Petronas Yamaha SRT. Kepastian tersebut diumumkan YMR di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol, Sabtu (26/9/2020).

    “Kami sangat senang Vale akan bertahan di MotoGP setahun lagi, dan kami yakin penggemar balap merasakan hal yang sama. Sebagian besar penggemar MotoGP telah tumbuh dewasa dengan Vale dan mengikuti kiprahnya sepanjang karier. Musim ini adalah musim terakhirnya di Factory Yamaha Team dan musimnya yang ke-25 di kejuaraan dunia Grand Prix motor, serta tahunnya yang ke-15 bersama Yamaha,” Managing Director YMR Lin Jarvis melalui rilis resmi seperti dikutip bola.net

    fokusjabar.id valentino rossi motogp yamaha
    Managing Director YMR Lin Jarvis memastikan Valentino Rossi tetap balapan di musim MotoGP 2021 bersama tim satelit, Petronas Yamaha SRT. (FOTO: motogp.com)

    BACA JUGA: PABBSI Jabar Bubar, 3 Cabor Bentuk Kepengurusan Sendiri

    Sejak akhir Januari, posisi Rossi di Monster Energy Yamaha memang telah dinyatakan akan diambil alih Fabio Quartararo. Mengingat dirinya sebagai ikon Yamaha dan tak ingin hengkang ke pabrikan lain, pebalap Italia ini pun sejak awal memburu tempat di SRT.

    Meski membela tim satelit Petronas Yamaha SRT, kontrak Valentino Rossi tetap terikat langsung dengan Yamaha. Artinya, pebalap yang kini berusia 41 tahun itu tetap mendapatkan gaji langsung dari pabrikan Garpu Tala hingga mendapatkan dukungan teknis yang kurang lebih setara dengan Quartararo dan Maverick Vinales di tim pabrikan Monster Energy Yamaha.

    “Sejak awal, kami telah meyakinkan Vale bahwa, jika ia mau bertahan di MotoGP pada 2021, Yamaha akan tetap memberinya dukungan penuh dan YZR-M1 spek pabrikan. Pada akhirnya, inilah keputusan yang ia ambil,” kata Jarvis.

    Di SRT, Valentino Rossi dipastikan bertandem dengan anak didiknya dari VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli. Morbidelli sendiri sudah lebih dulu dipastikan bertahan di SRT pada pertengahan Juli lalu. Sementara Rossi akan berada di tim satelit Yamaha tersebut selama satu tahun meski belum bisa dipastikan dia akan pensiun pada 2022.

    Rossi dipastikan hanya akan membawa David Munoz (crew chief), Matteo Flagmini (teknisi data), dan Idalio Gavira (pelatih balap). Dua mekanik yang setia lainnya, Alex Briggs dan Brent Stephens tak ikut pindah bersama Rossi. Sedangkan masa depan dua mekanik lainnya, Bernard Ansiau dan Mark Elder, belum diketahui secara pasti.

    Bersama tim barunya SRT, Jarvis berharap Rossi bisa memperlihatkan performa yang lebih baik di musim 2021. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi balapan MotoGP saat ini dinilainya mengacaukan akhir karir sang legenda yang tak berjalan sesuai harapan.

    “Vale sangat populer di kalangan penggemar di seluruh dunia, jadi sangat menyenangkan dia memutuskan lanjut setidaknya semusim lagi. Semoga para penggemar bisa kembali ke trek tahun depan demi melihat Sang Terbaik Sepanjang Masa beraksi kembali,” kata dia.

    “Saya berterima kasih pada manajemen Petronas Yamaha Sepang Racing Team atas antusiasme dan kolaborasi penuh dalam menyambut kedatangan Vale ke tim mereka. Mereka tim yang cukup ‘muda’, tapi mereka sangat profesional dan kandidat serius dalam memenangi balapan dan bertarung di peringkat atas klasemen, jadi kami yakin Vale bakal nyaman dan bisa tampil di level terbaiknya,” Jarvis menegaskan.

    fokusjabar.id valentino rossi motogp yamaha
    Velntino Rossi bersama dua pebalap Petronas Yamaha SRT di balapan MotoGP 2020. Musim 2021, Rossi akan pindah ke Petronas Yamaha SRT bertandem dengan Franco Morbidelli dan posisinya di Monster Energy Yamaha digantikan Fabio Qurtararo. (FOTO: motogp.com)

    Petronas Yamaha SRT pun menyambut baik kedatangan sang legenda dalam tim. Team Principal Petronas Yamaha SRT Razlan Razali, beserta direktur tim Johan Stigefelt kompak mengaku terhormat bisa menaungi sang pemilik sembilan trofi juara dunia, Valentino Rossi, di MotoGP 2021.

    “Mewakili Petronas Yamaha Sepang Racing Team dan semua partner, sungguh sebuah kehormatan bisa menyambut kedatangan Valentino Rossi, rider ikonik dan legendaris, di tim kami tahun depan. Pengalamannya akan jadi aset yang sangat berharga bagi tim kami menuju tahun ketiga di MotoGP, dan kami yakin bisa banyak belajar dari Vale,” kata Razlan Razali.

    Razlan mengaku jika pihaknya akan berupaya sebaik-baiknya membantu meningkatkan performa sang legenda di musim 2021. Hal tersebut untuk membayar kepercayaan yang VR46 membela tim Petronas Yamaha SRT.

    “Kami merasa bangga atas kesempatan ini dan siap menghadapi tantangan. Kami yakin kombinasi Franco (Morbidelli) akan mengerahkan kekuatan dahsyat di trek demi membantu kami tampil sekompetitif mungkin tahun depan. Kami sudah tak sabar!” Razlan menambahkan.

    Hal senada diungkapkan Direktur Tim, Johan Stigefelt. Stigefelt menyebut jika berlabuhnya Valentino Rossi di tim Petronas Yamaha SRT untuk musim 2021 merupakan sebuah keajaiban. Hal ini pun menjadi rentetan prestasi bagi tim asal Malaysia ini.

    “Bisa menggaet rider seperti Valentino Rossi, pada tahun ketiga kami di MotoGP, sungguh menakjubkan. Kami telah berevolusi dari tim Moto3, menjadi tim Moto2, dan menjadi tim MotoGP, serta dalam waktu singkat memimpin klasemen tim MotoGP, sekaligus menggaet salah satu rider terbaik dalam olahraga ini. Ini mengagumkan,” ujar Stigefelt.

    Stigefelt pun akan berupaya keras membantu Vale menemukan kembali performa terbaiknya. Pihaknya pun akan memastikan Valentino Rossi merasa nyaman dan memberikannya sebuah pengalaman tak terlupakan.

    “Kami akan berusaha sebaik mungkin membantu Vale merasa ‘baru’ lagi dan memastikan dia nyaman di tim kami. Target kami adalah menjadi lebih baik sebagai sebuah tim, membantu Vale menggapai hasil sebaik mungkin dan menjadikan 2021 sebagai tahun yang tak terlupakan,” kata dia.

    VR46 diatas motor barunya di tim Petronas Yamaha SRT. (FOTO: twitter @btsportmotogp)

    BACA JUGA: Konser Dangdut Berbuntut Panjang di Kota Tegal

    Selain Valentino Rossi, Ducati pun sudah merekrut dua pebalap untuk mengisi posisi di tim satelit mereka melalui keterangan yang disampaikan Sporting Director Ducati Corse Paolo Ciabatti. Kedua pebalap tersebut yakni Jorge Martin dan Enea Bastianini.

    Meski demikian, pihak Ducati belum menentukan di tim mana yang akan kedua pebalap tersebut bela. Apakah Pramac Racing atau Esponsorama Racing.

    Tak hanya itu, Ciabatti pun menegaskan jika Francesco Bagnaia dan Johann Zarco menjadi kandidat terkuat menggantikan Andrea Dovizioso di Ducati Team musim depan dan akan bertandem dengan Jack Miller.

    Sporting Director Ducati Corse Paolo Ciabatti. (FOTO: motogp.com)

    Dovi sendiri sudah menyatakan memutus kontraknya dengan Ducati di musim 2021. Meski demikian, belum jelas di tim mana Dovi akan berlabuh pada MotoGP 2021 mendatang.

    Daftar Sementara Pebalap MotoGP 2021

    Aprilia Racing Team Gresini
    #29 Andrea Iannone (sampai akhir 2020)
    #41 Aleix Espargaro (2022)
    Kandidat rider lain: Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow

    Ducati Team
    #43 Jack Miller (2021)
    Kandidat rider kedua: Francesco Bagnaia, Johann Zarco

    LCR Honda Castrol-Idemitsu
    #30 Takaaki Nakagami (2020)
    #73 Alex Marquez

    Monster Energy Yamaha
    #12 Maverick Vinales (2022)
    #20 Fabio Quartararo (2022)

    Petronas Yamaha SRT
    #21 Franco Morbidelli (2022 – kontrak hanya terikat tim)
    #46 Valentino Rossi (2021)

    Pramac Racing
    #63 Francesco Bagnaia (2020)
    Kandidat rider lain: Johann Zarco, Jorge Martin, Enea Bastianini, Luca Marini

    Esponsorama Racing
    #53 Tito Rabat (2021 – kontrak hanya terikat tim)
    Kandidat rider kedua: Enea Bastianini, Luca Marini

    Red Bull KTM Factory Racing
    #33 Brad Binder (2021)
    #88 Miguel Oliveira (2021)

    Red Bull KTM Tech 3
    #9 Danilo Petrucci (2021)
    #27 Iker Lecuona (2021)

    Repsol Honda
    #44 Pol Espargaro (2022)
    #93 Marc Marquez (2024)

    Suzuki Ecstar
    #36 Joan Mir (2022)
    #42 Alex Rins (2022)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img