spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Lepas Cuenca, Barcelona Incar Bek Muda Ajax

    SPANYOL,FOKUSJabar.id: Barcelona resmi melepas bek muda mereka Jorge Cuenca ke Villarreal pada Selasa (22/9/2020). Kini, tim Blaugrana mengincar bek muda asal Ajax, Sergiño Dest sebagai gantinya.

    Dilansir dari laman resmi Villarreal, bek berusia 20 tahun itu akan dikontrak selama lima tahun hingga 2025 di tim Kapal Selam Kuning itu. Meski resmi berkostum kuning-kuning, namun bek bernama lengkap Jorge Cuenca Barreno ini akan dipinjamkan ke klub Divisi Dua La Liga (Segunda Division), UD Almeria di musim 2020/2021.

    Pemain kelahiran Madrid, 17 November 1999 ini merupakan bek muda yang memiliki kemampuan mengeksekusi bola mati serta antisipasi yang baik. Karir pemain baru El Submarino Amarillo ini dimulai dari klub AD Alcorcón sebelum dikontrak selama dua tahun pada 18 Juli 2017 dan bermain di Barcelona B.

    BACA JUGA: Kylian Mbappe Akan Pindah dari PSG?

    fokusjabar.id barcelona transfer
    Villarreal resmi boyong Jorge Cuenca dari Barcelona. (FOTO: villarrealcf.es)

    Gol pertamanya bersama tim Barcelona B pun dicetak ke gawang Villarreal B pada 20 Oktober 2018 di laga Segunda División B. Sedangkan debut perdana Cuenca bersama tim senior Catalan dicatatkan pada laga Copa del Rey saat mengalahkan tim Cultural Leonesa dengan skor tipis 1-0.

    Bagi pemain timnas U-21 Spanyol ini, Villarreal bukan hal yang asing. Semenjak kecil, Cuenca merupakan salah satu fans dari klub yang bermarkas di Estadio de la Cerámica saat mendukung sang ayah di klub futsal Villarreal.

    Pernak-pernik supporter Villarreal yang serba kuning pun tak pernah lepas dari Cuenca kecil. Mulai dari kostim, syal, hingga casing ponsel. Sekarang, saat usianya menginjak 20 tahun, Cuenca mengenakan kostim kuning-kuning Villarreal yang saat kecil dia kenakan untuk mendukung sang ayah 15 tahun silam.

    Meski tidak disebutkan harga yang harus ditebus Villarreal untuk memboyong Cuenca, namun transfermarkt.com menyebut mahar awal sebesar 2,5 juta Euro (setara Rp43,2 milyar). Nilai tersebut kemungkinan akan naik hingga mencapai 6,5 juta Euro (setara Rp112,5 milyar) melalui kemungkinan add-on.

    Barcelona pun mendapatkan opsi pembelian kembali bek muda yang bergabung La Masia pada 2017 tersebut. Jika terjadi penjualan kembali, tim Catalan pun akan menerima kompensasi 20 persen dari biaya penjualan.

    Sukses melepas Cuenca, Barcelona kini berlomba mengincar wonder kid asal Ajax Sergiño Dest. Namun, tim yang kini dilatih Ronald Koeman itu harus bersaing dengan Bayern Muenchen yang juga menginginkan jasa bek muda Ajax tersebut.

    Bahkan, pasukan Hansi Flick itu sudah melakukan penawaran kedua untuk Sergiño Dest. “Tidak ada kesepakatan. Kami belum mencapai titik itu,” ujar bos Bayern Munich Karl-Heinz Rummenigge.

    Muenchen sendiri telah cukup lama bernegosiasi dengan Ajax untuk pemain berusia 19 tahun tersebut. Dest sendiri disebut-sebut menjadi solusi yang diinginkan Hansi Flick untuk mengisi kekosongan di posisi bek kanan Muenchen.

    Menurut laporan media Belanda, The Bavarians masih menjadi favorit untuk mendapatkan tanda tangan Dest meski Barcelona secara resmi telah menghubungi Ajax dan mencoba membajak kesepakatan tersebut.

    De Telegraaf menyebut, Barcelona berharap bisa mendapatkan Dest melalui bantuan dari mantan pemainnya yang kini menjabat sebagai direktur olahraga Ajax Marc Overmars. Pemain timnas AS itu akan menggantikan posisi pemain Portugis Nélson Semedo yang akan bergabung dengan Wolverhampton.

    fokusjabar.id barcelona transfer
    Bek muda Ajax Sergino Dest menjadi rebutan Barcelona dan Bayern Muenchen. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Pemilik Akun Twitter ini Mengaku Perkosa Perjaka

    Namun, sebelum kesepakatan terjadi, Barcelona tidak bisa membayar biaya untuk Dest. Ini sebagai akibat bantuan yang diterima dari pemerintah saat jeda virus corona, dimana klub-klub Spanyol dikabarkan hanya boleh melakukan pembayaran transfer musim ini dari pendapatan klub.

    Semedo sendiri diperkirakan akan mendatangkan sekitar 40 juta Euro (setara Rp692,6 milyar) bagi Barcelona. Dengan suntikan dana tersebut, tim Catalan memungkinkan untuk membayar sebesar 25 juta Euro (setara Rp432,7 milyar) seperti yang diminta Ajax sebagai kompensasi Dest.

    The Bavarians sendiri awalnya menawarkan 15 juta Euro (setara Rp259,6 milyar) untuk pemain kelahiran Almere, Belanda, 3 November 2000 tersebut. Namun, Ajax bersikeras dengan nilai yang lebih tinggi sehingga kesepakatan saat ini cenderung mencapai angka lebih dari 20 juta Euro (setara Rp346,2 milyar) plus beberapa opsi tambahan.

    Menurut Voetbal International, Muenchen pun sudah mengajukan tawaran kedua untuk Dest pada Senin (21/9/2020). Ajax sendiri sudah mengisyaratkan untuk melepas Dest meski masih terikat kontrak hingga tahun 2022.

    Bahkan untuk mencegah kemungkinan cedera, pelatih kepala Ajax Erik ten Hag sudah mengistirahatkan bek kanan itu pada akhir pekan lalu dan masuk sebagai pemain pengganti di menit akhir. Apakah Sergiño Dest akan pindah ke Barcelona atau Munich, kita lihat nanti.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img