spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Komisi I DPRD Jabar Apresiasi Kebijakan Penambahan Anggaran Desa

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman mengapresiasi kebijakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) yang akan menambah anggaran bantuan desa tahun depan. Bedi menilai hal itu sangat penting demi percepatan pembangunan desa di Jabar.

    Untuk diketahui, Emil berencana menambah anggaran bantuan desa Rp30 juta hingga Rp75 juta tahun 2021. Dengan demikian bantuan yang biasanya mencapai Rp130 juta dari Pemprov Jabar menjadi Rp200 juta.

    “Tentunya penambahan anggaran itu disesuaikan dengan jumlah penduduk desa dan indikator lainnya. Tidak bisa disamaratakan, apalagi desa di Jabar bervariasi,” kata Bedi, Selasa (22/9/2020).

    BACA JUGA: DPRD Pangandaran Minta Bawaslu Perhatikan Medsos

    Percepatan pembangunan desa, kata Bedi, sangat penting, terlebih kondisi industri di tengan pandemi banyak mengalami penurunan dan banyak industri yang terpaksa melakukan perampingan karyawan dan buruh.

    “Buruh yang kena PHK ini kembali ke desa. Jadi penambahan anggaran bantuan desa sangat dibutuhkan, selain dari provinsi juga dari Pemda dan pusat. Karena kita berharap pemulihan ekonomi bisa dipusatkan di desa,” kata dia.

    Pemerintah harus mendorong desa menyiapkan kegiatan yang bisa mendorong pembangunan desa, baik dari sisi bantuan atau lainnya, misalnya untuk infrastruktur dan akses internet.

    “Dengan internet, desa bisa mempromosikan produk unggulannya,” kata dia.

    (Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img